Contoh Sambutan Workshop Pengembangan PAUD Inklusi



Contoh Sambutan Workshop Pengembangan PAUD Inklusi. Di Jawa Tengah, Salah satu PAUD yang telah ditetapkan secara langsung oleh pusat sebagai PAUD inklusi yakni TPP Al Firdaus. Penetapan tersebut dilakukan oleh Direktorat Pembina PAUD.

PAUD Inklusi adalah PAUD yang memuat Program pelayanan pendidikan  bagi anak berkebutuhan khusus. Dalam program inklusi ini anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti prases belajar bersama sama dengan teman temannya yang normal.

Hal ini ternyata banyak diminati oleh para orang tua yang memiliki ptra/ putri yang terindikasi ABK, karena secara psikis maupun secara moral mereka merasa memperoleh kesempatan belajar yang sama, walaupun dalam pelaksanaannya sendiri bisa jadi anak tersebut dalam proses belajar mengajar bisa jadi harus dengan pendamping guru khusus.

Bagi ABK sendiri juga berdampak positif, mereka akan lebih termotifasi oleh teman temannya, serta mendapat kesempatan yang lebih baik untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, serta bagi anak anak yang lain yang tidak terindikasi sebagai ABK akan belajar menghargai dan menyayangi teman temannya yang kurang beruntung tersebut.



Contoh Sambutan Workshop Pengembangan PAUD Inklusi

Contoh Sambutan Workshop Pengembangan PAUD Inklusi

Selama ini pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus lebih banyak di selenggarakan secara segregasi / pemisahan / pengasingan  di Sekolah Luar Biasa (SLB) dan PAUD Inklusi. Sementara itu lokasi SLB dan PAUD Inklusi pada umumnya berada di ibu kota kabupaten, padahal anak-anak berkebutuhan khusus banyak tersebar hampir di seluruh daerah (Kecamatan/Desa).

Sementara sekolah umum belum memiliki kesiapan untuk menerima anak berkebutuhan khusus karena merasa tidak memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan kepada anak berkebutuhan khusus di sekolahnya. Akibatnya sebagian anak berkebutuhan khusus tersebut tidak memiliki akses untuk mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangannya.

Merujuk pada kebutuhan tersebut Pemerintah mendorong lembaga PAUD yang sudah siap secara ketenagaan untuk membuka layanan PAUD Inklusi agar semua anak usia dini dapat terlayani sesuai dengan haknya mendapatkan pendidikan yang layak.

Terkait dengan hal tersebut Pemerintah melalui jalur pendidikan akan berupaya memfa-silitasi bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi bagi lembaga yang memberikan layanan PAUD Inklusi. Untuk kepentingan tersebut maka diselengga-rakan kegiatan ini guna membina lembaga dan instansi Pembina dalam memberikan layanan PAUD Inklusi.

Bapak dan Ibu serta  Hadirin yang kami hormati,
Perluasan dan pemerataan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi kebijakan Dinas Pendidikan walaupun PAUD belum menjadi wajib belajar tetapi semua anak memiliki hak mendapatkan layanan PAUD, termasuk anak yang berkebutuhan khusus.

Anak berkebutuhan khusus selayaknya diberi perhatian penuh untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya baik melalui program inklusi maupun program PAUD Inklusi. Hal ini sangat penting untuk menghindari diskriminasi pendidikan dari berbagai aspek (ekonomi, geografi, dll), keistimewaan fisik, berkebutuhan khusus atau juga dikarenakan terbatasnya kemampuan orang tua untuk membiayai anak-anaknya di PAUD Inklusi.

Bapak dan Ibu serta  Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya disampaikan dan selamat mengikuti kegiatan ini, semoga semua yang kita lakukan berguna bagi Nusa, Bangsa dan generasi mendatang. Maka dengan mengucap : “Bismillahirrohmanirrochim”, Workshop Pengembangan PAUD Inklusi Tahun ini, secara resmi Saya nyatakan  DIBUKA. Sekian. Terima kasih atas perhatian Saudara.