5 Teknis Mengajar dan Metode Pembelajaran PAUD



5 Teknis Mengajar dan Metode Pembelajaran PAUD. Banyak sekali metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Namun, tidak semua teknis mengajar sesuai dan tepat bagi anak. Yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua anak didik memiliki kemampuan belajar dan karakter kepribadian yang sama.

Perbedaan kemampuan belajar seharusnya membawa akibat pada keharusan perbedaan teknik dan gaya mengajar seorang guru. Hukum yang sama juga berlaku pada perbedaan karakter dan watak kepribadian.

Menurut penelitian literatur, setidaknya ada 4 teknis mengajar yang tepat untuk diterapkan pada anak usia prasekolah. Empat teknis tersebut itu adalah metode bermain, metode cerita, metode menyanyi atau music, dan metode klasik. Dari keempat teknis mengajar tersebut, tiga diantaranya dikembangkan dari literatur buku bertema psikologis, sedangkan satu yang terakhir merupakan buku-buku berbasis sains dan pendidikan.

1. Metode Pembalajaran PAUD Melalui Bermain

Metode bermain adalah metode oembelajaran anak usia dini yang menerapkan permainan tertentu sebagi wahana pembelajaran siswa. Teknik ini didasarkan penelusuran literature maupun pengamatan sepintas dilapangan terbukti paling efektif dan efisien dibandingkan dengan metode yang lain.



Kemampuan belajar mengingat anak menjadi cepat dan banyak serta anak tidak merasa jenuh. Setidaknya ada 5 manfaat nyata dari metode bermain ini diantaranya yaitu :

  • Manfaat motorik adalah manfaat yang berhubugan dengan nilai-nilai positif mainan yang terjadi pada fisik jasmani anak. 
  • Manfaat afeksi adalah manfaat mainan yang berhubungann dengan perkembangan psikologis anak. 
  • Manfaat Kognitif adalah manfaat mainan untuk perkembangan kecerdasan anak, biasanya ini berhubungan dengan kamampuan imajinasi pada anak. 
  • Manfaat Spiritual adalah manfaat mainan yang menjadi dasar pembentukan nilai-nilai kesucian maupun keluhuran akhlak manusia. 
  • Manfaat keseimbangan adalah suatu jenis mainan bagi tumbuh kembang anak dimana mainan berfungsi untuk melatih dan mengembangkan perpaduan nilai-nilai positif dan negative dari mainan.
5 Teknis Mengajar dan Metode Pembelajaran PAUD

2. Metode Pembelajara PAUD Melalui Cerita

Metode cerita adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan teknik guru bercerita tentang suatu legenda, dongeng, mitos, atau suatu kisah yang didalamnya diselipkan pesan-pesan moral atau intelektual tertentu.

Hal ini akan berguna bagi anak ketika suatu saat ia menemukan masalah yang hampir mirip dengan kisah atau dongeng yang pernah diceritakan gurunya. Darii kisah itu alam bawah sadar anak akan memicu nalar konstruktif pemecahan masalah yang dihadapi sesuai pesan-pesan moral atau intelektual yang diajarkan.

3. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Menyanyi / Musik

Metode menyanyi adalah metode pembelajaran anak usia dini yang menggunakan media nyanyian sebagai wahana belajar anak. Menurut Grace Soedargo, seorang musisi dan pendidik “dasar-dasar music klasik, secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter bahakan raga manusia” Penelitian menunjukkan bahwa music klasik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendahakan merangsang kuadran C pada otak.

Sampai usia 4 tahun kuadaran Bdan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80% dengan musik. Menurut Ev. Andreas Christanday, music sangat mempenagruhi kehidupan manusia. Music memiliki 3 bagian penting yaitu “beat” mempengaruhi tubuh, “ritme”mempengaruhi jiwa, dan “harmony” mempengaruhi ruh.

4. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Karyawisata

Bagi anak karyawisata berarti memperoleh kesempatan untuk memperoleh informasi atau mengkaji sesuatu secara langsung (Hildebrand dalam Moslichatoen, 1999). Karyawisata berarti berarti membawa anak ke objek-objek tertentu sebagai pengayaan pngajaran, pemberian pengalaman belajar yang tidak mungkin diperoleh didalam kelas. (Welton & Malloton dalam Moeslichatoen 1999) dan juga memberi kesempatan anak untuk mengobservasi dan mengalami sendiri dari dekat (Foster & Headly’s, 1959).

Berkaryawisata mempunyai makna penting bagi perkembangan anak karena dapat membangkitkan minat anak pada sesuatu hal, memperluas perolehan informasi, juga memperkaya lingkup program kegiatan belajar anak yang tidak mungkin dihadirkan dikelas.

5. Metode Pembelajaran PAUD Melalui Demonstrasi

Demonstrasi berarti menunjukkan dan menjelaskan. Jadi dalam demonstrasi kita menunjukkan dan menjelaskan cara-cara mengerjakan sesuatu. Melalui demonstrasi diharapkan anak dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan. Demonstarsi mempunyai makna penting bagi anak yaitu:

  • Dapat memperlihatkan secara konkret apa yang dilakukan
  • Membantu mengembangkan kemampuan mengamati kemampuan mengamati secara cermat dan teliti.
  • Membantu mengembangkan kemampuan untuk melakukan segala pekerjaan secara teliti, cermat dan tepat.
  • Membantu mengembangkan peniruan dan pengenalan secara tepat.