PAIKEM = Metode Pembelajaran PAUD Berpusat Pada Anak



PAIKEM adalah Metode Pembelajaran PAUD Berpusat Pada Anak yang mencakup Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, dan Menyenangkan sebagai cara mengajar anak paud yang menyenangkan –Simak metode pembelajaran PAUD terbaru yang bernama PAIKEM.

Bagaimana pembelajaran pada anak usia dini yaitu pembelajaran yang berpusat pada anak. Selain memiliki kemampuan professional sesuai standar yang ditetapkan, seorang guru PAUD yang ideal semestinya juga membekali diri dengan berbagai wawasan dan pengetahuan tentang anak didiknya.

pembelajaran paikem, pembelajaran paud Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, dan Menyenangkan.

Wawasan tersebut sangat diperlukan agar guru dapat mengenali karakteristik anak didiknya dengan baik, meliputi pengenalan tentang perkembangan fisikmotorik, kogritif, bahasa, sosial emosional, moral keagamaan, seni dan kreatifitas termasuk permasalahan yang ditemui dalam berbagai aspek perkembangan tersebut.



Tugas guru PAUD bukan hanya mengajar tetapi yang lebih penting adalah bagaimana memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan, juga belajar anak. Untuk dapat berperan sebagai fasilitator tentunya guru PAUD harus memiliki pemahaman yang jelas tentang belajar.

Belajar terjadi karena ada proses yaitu interaksi antara individu dengan lingkungan. interaksi dengan lingkungan menimbulkan pengalaman, sedangkan hasil yang dicapai setelah belajar adalah prilaku yang meliputi : pengetahuan sikap dan keterampilan.

Terdapat beberapa unsur-unsur dalam belajar antara proses atau kegiatan, pengalaman, perubahan prilaku sebagai seorang guru Paud harus pula memahami prinsip-prinsip belajar anak. prinsip belajar merupakan ketentuan hukuman yang harus dijadikan pegangan dalam pelaksanaan kegiatan belajar sebagai suatu hokum prinsip belajar akan sangat menentukan proses dan hasil belajar.

Cara Pembelajaran Anak Usia Dini

Lalu, Bagaimanakah Seharusnya Pembelajaran AnakUsia Dini Dilakukan?

  1. → PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA ANAK, PAIKEM = Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Edukatif, dan Menyenangkan.
  2. → Mengembangkan rasa senang pada anak untuk belajar melalui bermain
  3. → Anak usia dini yang tidak terpenuhi kebutuhannya (bermain), dia tidak akan semakin pintar setelah level ke-3 setelah pendidikan dasar

Video Model Pembelajaran PAUD

Metode pembelajaran pendidikan anak usia dini PAIKEM Selengkapnya lihat video berikut ini :\

Kurikulum PAUD dan Pembelajaran PAUD Paikem

Kurikulum secara luas dapat diartikan dengan semua kegiatan dan pengalaman potensial (baik isi / materi) yang telah disusun secara ilmiah baik yang terjadi di dalam kelas, di halaman kelas, maupun luar sekolah paud. Kurikulum juga dapat diartikan dengan segala sesuatu yang dapat berpengaruh terhadap pembentukan pribadi peserta didik.

Kurikulum tidak hanya terdiri atas sekumpulan mata pelajaran tetapi juga meliputi semua aktivitas dan pengalaman belajar anak didik yang mencakup aktivitas dan pengalaman belajar anak baik yang terjadi di sekolah maupun di luar sekolah.

Dengan metode pendekatan pembelajaran metode PAIKEM, kurikulum paud dapat dikembangkan oleh guru dengan menggunakan berbagai sumber belajar di area sekitar yang lebih bervariasi. Yang paling penting adalah bagaimana mencapai tujuan pendidikan yang mencakup kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan) sehingga jalannya kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan PAIKEM ini dapat mengembangkan mengembangkan keseluruhan pribadi anak didik secara utuh.