Download Presentasi Kurikulum 2013 untuk Pendidikan Anak Usia Dini PPT. Materi PAUD kali ini akan disajikan tentang pengenalan Kurikulum PAUD 2013 sebagai kurikulum PAUD terbaru saat ini.
Materi yang akan disajikan antara lain: Peta Jalan Pengembangan Kurikulum 2013, dan pentingnya PAUD. Sebagai pegangan silahkan download Permendikbud 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD PDF
Model PAUD
- Melalui PAUD, pada saat anak menyerap segala macam, pikirannya tumbuh paling cepat, mereka dikenalkan: huruf, bilangan, bangun. Mereka juga dididik: menyusun pertanyaan, menjawab pertanyaan, menceritakan pengalaman, menemukan pola, menyanyi, menjiplak patung, membuat menara, dan bermain secara akrab dengan anak-anak lain, dengan didampingi guru yang memberikan arahan sehingga hasilnya makin baik.
- PAUD menggabungkan anak-anak dari bermacam-macam latar belakang sosial, ekonomi, bahkan yang berkebutuhan khusus sehingga mereka bisa belajar bareng dan semuanya bisa meningkat berbarengan. Tidak ada pembedaan strata yang cenderung akan menyebabkan terjadinya kesenjangan masif.
- PAUD bermutu dijalankan oleh guru terdidik yang kompeten, bukan pengasuh bayi.
Tantangan Pengembangan PAUD
- Tantangan bonus demografi
- Tantangan Prospek Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
- Tantangan Pergeseran Pengertian Kreativitas
- Tantangan Pentingnya Inovasi Bagi Daya Saing
- Tantangan Pendidikan untuk Pengembangan Industri
- Tantangan Konvergensi IPTEK
Konsep Kurikulum 2013
Pengertian Kurikulum menurut UU No. 20/2003: Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Rumusan Kompetensi PAUD
- Sikap: Menerima ajaran agama yang dianutnya. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
- Pengetahuan: Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
- Keterampilan: Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia
Manfaat Tematik Terpadu PAUD
- Fleksibilitas pemanfaatan waktu dan menyesuaikannya dengan kebutuhan siswa
- Menyatukan pembelajaran siswa untuk konvergensi pemahaman yang diperolehnya sambil mencegah terjadinya inkonsistensi antar mata pelajaran
- Merefleksikan dunia nyata yang dihadapi anak di rumah dan lingkungannya
- Selaras dengan cara anak berfikir, dimana hasil penelitian otak mendukung teori pedagogi dan psikologi bahwa anak menerima banyak hal dan mengolah dan merangkumnya menjadi satu. Sehingga mengajarkan secara holistik terpadu adalah sejalan dengan bagaimana otak anak mengolah informasi.