Bahan Ajar PAUD Tema Alat Transportasi Laut ~ Perahu



Ide Bahan Ajar PAUD Tema Alat Transportasi Laut ~ Perahu. Karena keberadaan perahu yang semakin langka ditemukan sebagai sarana transportasi air, maka generasi sekarang banyak yang tidak mengenal lagi jenis sarana transportasi air yang bernama perahu.

Oleh karena itu, melalui bahan belajar sarana transportasi air yaitu perahu ini diharapkan akan sangat berguna untuk memperkenalkan kembali kepada anak-anak usia dini sebagai generasi selanjutnya.

Diharapkan keberadaan sarana transportasi air ini masih dapat dikenali, meskipun dalam bentuk baik miniatur maupun gambar, kerena bagaimanapun juga, hal ini merupakan salah satu kekayaan budaya daerah Kalimantan Selatan yang harus dijaga kelestariannya, meskipun sudah tidak banyak digunakan lagi oleh masyarakat.

Ide Bahan Ajar PAUD: Alat Transportasi Laut – Perahu

Ruang Lingkup Bahan Ajar PAUD

Ruang lingkup bahan ajar alat transportasi “perahu” bisa dijabarkan sebagai :



  1. Pendahuluan
  2. Tujuan pembelajaran ; tujuan umum, tujuan khusus
  3. Petunjuk Pembelajaran 
  4. Materi pembelajaran ; sarana transportasi air tradisional, jenis-jenis perahu, upaya pelestarian, perahu sebagai media belajar anak usia dini di TPA, rangkuman.
  5.  Evaluasi

Untuk point ke-2 sampai point ke-4 ayah bunda dapat mengembangkan sendiri bebas sesuai dengan kebijakan dari sekolah PAUD. Disini akan diberikan rangkuman dan evaluasi saja:

bahan ajar paud bahan ajar paud non formal bahan ajar paud pdf bahan ajar paud ppt bahan ajar paud doc bahan ajar paud tema rekreasi bahan ajar paud 2013 bahan ajar paud 2012 panduan bahan ajar paud bahan ajar tk dan paud bahan ajar untuk anak paud free download bahan ajar anak paud contoh bahan ajar untuk anak paud bahan ajar anak paud contoh bahan ajar anak paud analisis bahan ajar paud artikel bahan ajar paud tahapan analisis bahan ajar paud makalah analisis bahan ajar paud

Rangkuman

Perahu sebagai sarana transportasi tradisional yang khas daerah pesisir, keberdaannya sangat memerlukan perhatian dan uluran tangan generasi muda pada khususnya, sehingga alat transportasi ini dapat tetap bertahan dari ancaman kepunahan.

Beberapa puluh tahun yang lalu, jenis sarana transportasi ini barangkali menjadi kebutuhan yang vital dan masih banyak dijumpai didaerah sungai dan rawa-rawa. Akan tetapi seiring dengan kemajuan pembangunan dan datangnya berbagai macam alat transportasi modern, maka semakin lama semakin tersisih dan tidak dipakai orang lagi karena banyaknya akses jalan dan jembatan yang menghubungkan antar daerah.

Dengan memulai mengenalkan jenis sarana transportasi ini sejak anak usia dini, maka kedepan diharapkan akan tumbuh generasi yang mencintai dan bangga pada budaya daerahnya.

Evaluasi

  1. Bagaimana Anda menyajikan perahu ini sebagai sarana tranpotasi pada pembelajaran anak usia dini?
  2. Jelaskan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam perahu sebagai alat transportasi air?
  3. Bagaimana menyajikan perahu, sebagai bahan belajar dalam poses pembelajaran sesuai dengan tema yang disepakati.
  4. Diskusikan dengan teman Anda, untuk menggali budaya lokal-budaya lokal yang dapat diperkenalkan kepada anak usia dini di TPA!