Pengertian APE Dalam Ruang/ Indoor -Sarana Bermain Anak



Definisi atau Pengertian APE Dalam Ruang/ Indoor -Sarana Bermain Anak. APE Indoor atau biasa disebut sarana bermain di dalam  ruangan (indoor)  anak usia dini adalah seperangkat alat dan bahan bermain yang pada umumnya ditempatkan di dalam ruangan bagi anak PAUD yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak didik.

Sarana bermain adalah seperangkat alat dan bahan yang menunjang program belajar anak didik, meliputi bahan belajar, media belajar, alat-alat main serta alat peraga. APE Indoor dan outdoor juga termasuk ke dalam sarana bermain anak usia dini ini.

Ruang Lingkup Sarana Bermain Dalam Ruangan

Ruang lingkup sarana bermain anak di dalam ruangan ditinjau dari beberapa aspek sebagai berikut:

1. Fungsi alat bermain mengacu pada PERMENDIKBUD

  1. Kemampuan nilai agama dan moral
  2. Keterampilan motorik kasar dan halus (sensori motor)
  3. Kesehatan fisik dan proses tumbuh kembang anak didik
  4. Kemampuan kognitif, pengetahuan umum dan sain, mengenal konsep ukuran, bentuk, pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf 
  5. Kemampuan memahami, menerima, mengungkap bahasa dan keaksaraan.
  6. Kemampuan seni dan kreativitas 
  7. Kemampuan sosial emosional
Pengertian APE Dalam Ruang/ Indoor -Sarana Bermain Anak



2. Alat bermain berdasarkan 3 jenis main, yakni, main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan.

  1. Main sensorimotor adalah permainan yang memfungsikan kelima panca indera anak didik seperti perabaan, pengecapan, pendengaran, penglihatan, dan penciuman
  2. Main peran atau main simbolik adalah permainan yang meningkatkan kemampuan anak didik untuk berimajinasi, berinteraksi sosial dan mengekspresikan pengalamannya dalam main peran mikro dan makro
  3. Main pembangunan  adalah  permainan yang mendukung anak didik untuk mengembangkan dan mewujudkan gagasan/ide yang ada dalam pikirannya menjadi hasil karya

Pemilihan Sarana Bermain Dalam Ruang (Indoor)

  1. Pilihlah  alat main anak  berdasarkan dengan usia anak.
  2. Pilihlah  alat main yang memiliki label yang terdapat pada kemasan / rak yang tersedia.
  3. Bacalah buku manual yang ada pada mainan jika ada.
  4. Pilihlah  alat main yang tidak berbau tajam, tidak luntur, dan tidak mudah hancur jika dimainkan oleh anak didik
  5. Pilihlah mainan yang mendukung perkembangan dan membantu membangun pegetahuan anak didik