Persyaratan Penataan Sarana Bermain Luar Ruangan PAUD



NSPK Sarpras PAUD. Persyaratan Penataan Sarana Bermain Luar Ruangan PAUD. Pengertian sarana bermain luar ruangan adalah seperangkat alat dan bahan yang menunjang program belajar anak didik, meliputi bahan belajar, media belajar, alat-alat main serta alat peraga.

Dalam hal penataan sarana bermain luar ruangan PAUD baik untuk penataan APE luar ruangan (outdoor) maupun penataan lingkungan main PAUD harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

Persyaratan Penataan Sarana Bermain Luar Ruangan PAUD

1. Memilih Lokasi Bermain

Ketika merencanakan sebuah tempat bermain, penting untuk mempertimbangkan bahaya atau rintangan yang akan dihadapi anak ketika anak berjalan, berlari, atau bermain. Tempat bermain dengan pembatas atau pagar yang tinggi direkomendasikan jika tempat bermain dekat dengan jalan raya. Meskipun dengan pembatas yang tinggi, guru atau orang tua diharapkan tetap dengan mudah mengawasi aktivitas bermain anak.

Tingkat kemiringan dan drainase perlu juga diperhatikan, apalagi jika tempat bermain akan diisi pasir. Kontur tanah sebaiknya tidak dalam posisi terlalu miring sebab jika hujan deras, pasirnya bisa hanyut dan habis sehingga tidak ada lagi pengaman bagi anak ketika bermain.



Untuk kondisi seperti di Indonesia, disarankan memilih daerah yang datar dan tidak dekat dengan lereng bukit, apalagi jurang. Jika akan dibangun playground yang besar, kestabilan tanah juga harus diperhatikan. Sebaiknya melibatkan ahli untuk menilai kondisi tanah apakah cocok untuk dibangun playground yang besar, untuk menghindari amblas  ketika dimainkan oleh anak.

Persyaratan Penataan Sarana Bermain Luar Ruangan PAUD sarana bermain anak sarana bermain anak paud sarana bermain tk sarana bermain anak di jakarta sarana bermain paud sarana bermain anak tk sarana bermain outdoor jual sarana bermain anak cara bermain sarana sekolah PAUD sarana prasarana bermain tk kb tpa sarana prasarana bermain PAUD pengertian sarana bermain harga sarana bermain tk harga sarana bermain anak

2. Meletakkan Mainan Anak

Seperti yang sudah dijelaskan dalam prinsip penataan sarana bermain luar ruangan, setiap mainan harus diletakkan secara terpisah berdasarkan kegiatan bermainnya. Antara kegiatan bermain aktif dan tenang harus dipisah untuk mencegah kecelakaan. Tempat mainan, ruang terbuka, dan bak pasir juga harus diletakkan pada bagian yang berbeda.

Mainan yang sangat diminati oleh anak sebaiknya dipisah dan diletakkan berjauhan sehingga tidak terjadi penumpukan kegiatan bermain. Selain itu pengawasan oleh pendidik dan orang tua tidak boleh terhalang, misalnya pandangan orang tua tertutup oleh lapisan mika. Hal ini akan membahayakan anak.

3. Pemisahan Mainan Berdasarkan Usia

Untuk anak yang usianya lebih kecil, tempat bermain sebaiknya terpisah, dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran tubuh anak dan kebutuhan perkembangannya.

4. Pengawasan

Lembaga PAUD sebaiknya menunjuk atau memilih seorang pendidik/guru untuk mengawasi keamanan sarana bermain di luar ruangan. Tugas pengawas adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pengecekan terhadap sarana bermain luar yang rusak dan memastikan anak tidak memainkannya
  2. Melakukan pengecekan dan memindahkan bagian yang tidak aman pada mainan sebelum mempersilakan anak bermain
  3. Mengecek perawatan, dengan memastikan setiap pelindung sudah ada pada tempatnya
  4. Memastikan anak menggunakan alat keselamatan. Misalnya menggunakan sepatu atau sepatu sandal, bukan sandal jepit, dsb.