Cara Merawat Sarana Bermain Luar Ruangan/ Outdoor PAUD



NSPK Sarpras PAUD. Cara Merawat Sarana Bermain Luar Ruangan/ Outdoor PAUD –Setiap sarana bermain luar ruangan dilengkapi dengan panduan penggunaan dan perawatan. Panduan ini berisi tentang petunjuk pengecekan dan perawatan secara berkala. Jika pengecekan ini tidak dilakukan maka mainan akan rusak dan membahayakan anak.

Panduan ini juga berisi tentang petunjuk untuk menentukan bagian mana yang perlu diperbaiki, atau diganti sama sekali secara berkala. Misalnya, pengecekan mur dan baut, memberikan pelumas pada bagian-bagian tertentu, melakukan pengecekan pada ayunan, penambahan atau penggantian pasir.

Cara Merawat Sarana Bermain Luar Ruangan/ Outdoor PAUD

1. Pemeriksaan Perawatan APE Outdoor

Program perawatan secara menyeluruh harus dilakukan terus menerus untuk merawat sarana bermain di luar ruangan atau APE Outdoor. Semua tempat dan mainan yang ada diperiksa secara berkala terkait dengan penggunaannya, penurunan kualitas, dan bahaya yang akan ditimbulkan.

Teknik pemeriksaan yang akan dilakukan dapat menggunakan checklist. Produsen sarana bermain di luar ruangan yang baik seharusnya menyediakan checklist yang berisi tentang cara perawatan bagian-bagian yang perlu dirawat secara berkala berdasarkan spesifikasi sarananya.



Jika checklist dari produsen tidak tersedia, maka sebaiknya konsultasikan sarana bermain luar ruangan yang ada di lembaga PAUD kepada ahli keamanan mainan. Contoh ceklist perawatan sarana bermain di luar ruangan bisa dilihat disini.

Cara Merawat Sarana Bermain Luar Ruangan/ Outdoor PAUD

2. Perbaikan APE Outdoor

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sarana bermain luar ruangan, langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan secepatnya. Produsen mainan seharusnya menyediakan layanan purna jual, terkait perbaikan atau penggantian.

Jika produsen tidak memberikan layanan tersebut, lembaga PAUD bisa menghubungi ahli keamanan mainan untuk memberikan arahan perbaikan yang dibutuhkan.

3. Perawatan Pasir/ Sekam/ Serabut Kayu Pelindung

Sarana bermain di luar ruangan seharusnya memiliki pasir/ sekam/ serabut pelindung yang terawat. Perawatan khusus harus diberikan untuk memastikan keamanan anak ketika bermain. Hal ini harus dilakukan secara berkala seminggu sekali karena setiap hari anak menggunakannya untuk bermain, misalnya: pasir/sekam/ serabut kayu di bawah ayunan atau di bawah seluncuran.

Pasir/ sekam/ serabut kayu sebagai pelindung memiliki urutan lapisan tertentu. Lapisan paling bawah adalah lapisan keras yang terbuat dari aspal atau semen. Lapisan kedua dari bawah adalah kerikil untuk membantu drainase. Lapisan ketiga adalah geotextile cloth atau lapisan kain khusus untuk drainase yang bisa didapat di toko bangunan. Lapisan teratas adalah pasir/ sekam/ serabut kayu.

Susunan lapisan inilah yang perlu diperhatikan dan dirawat secara rutin demi menjaga keselamatan anak. Ketika Pasir/sekam/serabut kayu menggumpal, segera lakukan pengadukan. Pasir/sekam/serabut kayu perlu ditambah ketika kedalamannya berkurang.

4. Menjaga Catatan Perawatan APE Outdoor

Setelah dilakukan perbaikan dan perawatan, semua catatan harus tersimpan rapi untuk memudahkan pengecekan dan perbaikan berkala selanjutnya.