Cara Merawat Sarana Bermain dalam Ruang (Indoor) PAUD



NSPK Sarpras PAUD. Cara Merawat Sarana Bermain dalam Ruang (Indoor) PAUD. Bagaimana cara merawat APE Dalam Ruangan atau APE Indoor yang ada di sekolah PAUD ? Ayah bunda dapat mengikuti tata cara merawat APE PAUD Indoor berikut ini.

Cara Merawat Sarana Bermain dalam Ruang (Indoor) PAUD

Sarana bermain yang ada di rak-rak atau di dinding perlu diperiksa dan dirawat  secara berkala untuk memastikan bahwa sarana bermain tersebut siap digunakan anak. Perawatan sarana bermain meliputi :

1. Pemeriksaan:

Setiap hari pendidik perlu memeriksa dan memastikan bahwa setiap alat main berada di tempat yang sesuai dengan label/ simbol yang ada. Selain itu pendidik juga memeriksa keutuhan atau kelengkapan alat main.

2. Pembersihan:

Sarana bermain harus bersih dan sehat; bersih dalam arti kondisi sarana bermain tidak  berdebu, kotor atau bernoda, adapun sehat dalam arti kondisi sarana main tidak dicemari oleh polutan seperti terkena racun, pestisida, semprotan serangga, dsb. Untuk menjaga kebersihan sarana main, perlu dilakukan beberapa contoh seperti yang tertera pada gambar di bawah.



Cara Merawat Sarana Bermain dalam Ruang (Indoor) PAUD

3. Penyimpanan:

Alat main yang perlu disimpan dapat dimasukkan dalam plastic atau wadah tertutup. Sedangkan pada saat ruangan dilakukan penyemprotan serangga pada waktu-waktu tertentu, maka semua sarana bermain perlu disimpan atau ditutup.

Mengingat tidak semua sarana bermain digunakan dan dipajang dalam sentra/area, maka yang tidak digunakan sebaiknya disimpan dalam tempat penyimpanan (gudang APE).  Penyimpanan APE di gudang perlu ditata agar mudah ditemukan kembali pada saat diperlukan.

Contoh : benda-benda yang kecil dapat ditempatkan dalam wadah, kantong plastik yang telah diberi label berdasarkan kategori tertentu dan dimasukkan dalam sebuah kontainer/ kardus. Untuk efisiensi ruangan gudang dapat dipasang rak-rak dari bahan kayu yang permanen di sepanjang tepian dinding, untuk menampung kontainer/ kardus yang berisi alat main.

4. Labeling

Pedoman penamaan/pelabelan rak PAUD :

  • Pelabelan yang jelas pada rak dapat membantu anak bermain secara mandiri dan teratur, juga dapat mempermudah anak mengembalikan atau membereskan mainan dan mengembalikannya di tempat semula.
  • Pelabelan bisa menggunakan foto, gambar sendiri atau guntingan dari bungkus kemasan
  • Gambar label tersebut bisa dilaminating karena bisa bertahan lama daripada harus menggantinya dengan yang  baru.

5. Perbaikan APE

Dalam proses pemeriksaan, apabila ditemukan alat main yang rusakatau ada bagian yang hilang, perlu dilakukan tindakan sebagai berikut :

  • Alat main yang rusak  ringan perlu segera dilakukan perbaikan oleh pendidik.
  • Alat main yang rusak berat, segera diperbaiki oleh tenaga yang mempunyai keahlian/ keterampilan khusus.
  • Kerusakan alat mainan yang sangat parah dan memerlukan biaya perbaikan yang tinggi,  dapat dihapuskan.

6. Pencatatan

Untuk mempermudah perawatan sarana indoor, perlu dilakukan pencatatan untuk memastikan keberadaan, kondisi, dan keberfungsian sarana tersebut.