Fungsi Sarana Bermain di Luar Ruangan Anak PAUD



NSPK Sarpras PAUD. Fungsi APE Luar Ruangan (Outdoor) PAUD –Fungsi Sarana Bermain di Luar Ruangan Anak PAUD atau anak usia dini usia 0-6 tahun. Untuk bermain di luar ruangan maka anak perlu alat nermain yang disebut Alat Permainan Edukatif (APE) Luar Ruangan / Outdoor.

Pengertian APE Luar Ruangan (Outdoor)

Alat Permainan Edukatif, APE adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan kelompok usia anak dan STPPA atau standar tingkat pencapaian perkembangan anak.

APE Luar adalah sarana bermain anak usia dini yang biasanya ditempatkan di luar ruangan atau di halaman sekolah. Tujuannya agar anak memiliki keleluasaan dalam bergerak, bermain menggunakan alat permainan ini.

Fungsi Sarana Bermain di Luar Ruangan Anak PAUD ape luar untuk paud ape luar ruangan paud gambar ape luar gambar ape luar paud gambar ape luar tk ape dalam ape luar paud daftar harga ape luar tk harga ape luar harga ape luar paud jenis ape luar contoh ape luar paud proposal ape luar jual ape luar ape dalam dan luar contoh proposal ape luar katalog ape luar contoh ape luar harga ape luar dan dalam proposal ape luar dan dalam



Fungsi Sarana Bermain di Luar Ruangan Anak PAUD

Sarana bermain di luar ruangan memiliki fungsi untuk:

  1. Mengembangkan keterampilan motorik kasar, meliputi: pengembangan ketangkasan, keseimbangan, kekuatan, kelenturan, kelincahan, koordinasi, dan kecepatan dalam pola gerakan lokomotor dan non lokomotor,
  2. Mengembangkan motorik halus meliputi koordinasi mata, tangan dan jari-jari tangan.
  3. Menstimulasi kemampuan berpikir, persepsi terhadap ruang, dan imajinasi.
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri, keberanian, kemandirian, tanggung jawab, toleransi, bekerjasama, dan mengenal aturan.
  5. Mengembangkan kepekaan terhadap kelestarian lingkungan alam.
  6. Menumbuhkan sikap menghargai dan mensyukuri ciptaan Tuhan.
Dalam aktivitas bermain luar ruangan anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :
  1. Aktivitas yang dipilih tergantung tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui sarana bermain luar ruangan.
  2. Penggunaan satu sarana bermain luar ruangan dapat  memunculkan beberapa aktivitas bermain yang dapat meningkatkan beragam aspek perkembangan sekaligus. Sebagai contoh: ketika anak bermain ayunan, anak dapat melakukan aktivitas: berkomunikasi, bernyanyi, berimajinasi, berayun, mendorong, belajar tentang fakta (angin), mengamati, mengambil resiko (supaya tidak jatuh), dan merencanakan.