Contoh Buku Penghubung PAUD/ Buku Komunikasi Ortu Guru



Download Contoh Buku Penghubung PAUD/ Buku Komunikasi Orang Tua Guru PAUD. Pengertian buku penghubung adalah buku yang dibuat dalam sebuah kerangka niat untuk membangun komunikasi yang efektif antara orang tua dan sekolah.

Mengingat kesibukan orang tua yang tinggi merupakan kendala bagi pihak sekolah untuk menyampaikan informasi tentang perkembangan anak di sekolah. Sementara orang tua muncul perasaan tidak nyaman untuk menelepon guru putra-putrinya, karena takut mengganggu tugas mereka. Akan tetapi niat yang baik ini dapat menjadi bahaya jika tidak dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab.

Minimal ada tiga manfaat yang dapat diambil oleh orang tua dan sekolah dari implementasi buku penghubung, yaitu :

  1. Buku penghubung menjadi sarana untuk pemantauan kegiatan siswa di sekolah dan di rumah. 
  2. Buku penghubung menjadi parameter dasar beberapa sikap dan karakter yang harus dilatihkan kepada anak setiap hari.
  3. Orang tua dan guru dapat menulis pesan dan kondisi terkini siswa agar masing-masing pihak dapat memberikan follow up atau tinfak lanjut terhadap pesan tersebut.

BIJAKSANA DALAM MENGGUNAKAN BUKU PENGHUBUNG

Namun, dari banyak manfaat yang terdapat pada buku penghubung tidak berarti ia tidak mengandung beberapa bahaya bagi anak. Seperti sebilah pisau yang sangat tajam, pada tangan seorang koki pisau tersebut sangat berguna. Sebaliknya pada tangan seorang penjahat pisau tersebut menjadi benda yang sangat membahayakan.



Beberapa bahaya tersebut mayoritas muncul dari proses implementasi program, diantaranya;

  1. Buku penghubung sebagai sarana untuk menakut-nakuti anak agar mau melakukan tugasnya. Seringkali orang tua yang mulai jengkel terhadap perilaku anaknya yang tidak segera mengerjakan tugas, membawa buku penghubung untuk dibaca di depan putra-putri dengan nada ancaman. Terdapat beberapa pengaruh negatif dari sikap orang tua yang selalu melakukannya. Pertama, muncul ketergantungan anak terhadap ancaman sehingga ia tidak akan melakukan tugasnya jika belum mendapat ancaman tersebut. Kedua, beberapa materi checlist yang ada dalam buku penghubung hanya menjadi sarana untuk mengancam anak, seperti petani yang selalu membawa cambuk untuk memastikan sapinya berjalan lurus ke depan. Sementara karakter yang sebenarnya ingin ditanamkan dalam buku penghubung tersebut dengan membangun motivasi internal anak justru terlewatkan
  2. Buku penghubung ditulis tidak sesuai dengan kondisi riil anak karena munculnya rasa kasihan kepada anak dan ingin melindunginya. Perilaku ini akan memunculkan sifat tidak jujur pada diri anak. Ia mendapatkan pujian di depan guru-gurunya walaupun sebenarnya ia tidak pernah melakukannya. Sifat tidak jujur ini lebih kuat menancap pada diri anak karena ia merasa didukung oleh orang tuanya
  3. Buku penghubungan ditulis sesuai dengan permintaan anak. Beberapa anak merengek kepada orang tuanya untuk menuliskan hal yang baik saja, atau meminta orang tuanya untuk menunggu ia melakukan shalat isya’ walaupun waktu itu sudah masuk shalat shubuh. Pada beberapa kali kondisi ini tidak terlalu berbahaya karena menunjukkan fleksibilitas orang tua dan memberi kesempatan bagi anak untuk memperbaiki diri. Namun akan sangat berbahaya jika selalu dilakukan oleh orang tua, karena menumbuhkan perilaku tidak komitmen pada diri anak. Ia terbiasa untuk mengubah peraturan dengan kecenderungan selalu boleh orang tuanya.
  4. Tidak ada tindak lanjut terhadap informasi dan hasil yang ada pada buku penghubung. Kondisi ini akan menjadikan anak terbiasa untuk meremehkan. Akan muncul anggapan bahwa mengisi buku penghubung hanyalah rutinitas antara orang tua dan guru mereka di sekolah. Baik maupun buruk yang diisi mereka pada buku penghubung tidak ada pengaruh bagi dirinya
  5. Orang tua atau guru tidak mempunyai kepedulian untuk mengisi buku penghubung. Sebuah program yang dicanangkan untuk diberlakukan kemudian karena alasan kesibukan dilaksanakan dengan setengah-setengah atau tidak sama sekali akan menjadi contoh buruk bagi pihak yang dikenai program tersebut. Seorang anak diawal tahun sudah dijelaskan tentang mekanisme buku penghubung serta kewajiban-kewajiban yang harus mereka lakukan sehubungan dengan buku tersebut, namun karena alasan kesibukan atau ketidakpedulian pihak-pihak terkait akan menumbukan sifat-sifat tidak konsisten, tidak bertanggung jawab, dan acuh tak acuh pada diri anak.

Dengan beberapa bahaya pada buku penghubung di atas tidak berarti kita harus surut untuk meninggalkan program tersebut, namun yang perlu ditumbuhkan adalah komitmen semua pihak, khususnya orang tua dan guru untuk menjadikan program ini sebagai program yang baik dan perlu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Kita lihat preview Contoh Buku Penghubung PAUD/ Buku Komunikasi Orang Tua Guru di bawah ini :

Kelebihan Contoh Buku Penghubung PAUD TK KB TPA by PAUDJATENG

Desain yang disajikan berbeda dengan format buku penghubung lama. Ini adalah desain format buku penghubung dari PAUD JATENG yang memiliki kelebihan sebagai berikut :

  1. Ramah anak : nama kelas, nama kelompok, dan nama anak diwakili oleh simbol sehingga anak bisa mengetahui oh ini loh buku milik saya.
  2. No bullying : yang dicatat adalah perkembangan, bukan permasalahan atau kenakalan anak.
  3. Meningkatkan kemampuan anak mengecap, karena ada daftar hadir yang harus mereka cap setiap masuk sekolah.
    Daftar Hadir Anak di Buku Penghubung PAUD buku penghubung buku penghubung siswa buku penghubung sd buku penghubung siswa smp buku penghubung paud buku penghubung tk buku penghubung orang tua dan guru buku penghubung orang tua siswa buku penghubung orang tua sd buku penghubung daycare buku penghubung kelas buku penghubung taman kanak kanak buku penghubung sekolah buku penghubung siswa tk buku penghubung anak buku penghubung smp buku penghubung bk buku penghubung sdit isi buku penghubung format buku penghubung sdit buku penghubung adalah buku penghubung anak tk contoh buku penghubung anak tk contoh buku penghubung untuk anak tk buku penghubung komunikasi antara guru contoh buku penghubung anak arti buku penghubung
  4. Untuk menggunakan Buku Penghubung ini, nama anak, nama kelas dan kelompok….buatlah dengan stiker hewan atau gambar lain sesuai keadaan sekolah. Contoh cover diambil dari sekolah PAUD di jepang memiliki penampakan sebagai berikut :
Contoh Buku Penghubung PAUD TK KB TPA, cover buku penghubung PAUD

Contoh Buku Penghubung PAUD/ Buku Komunikasi Orang Tua Guru

Download contoh fotmat buku penghubung PAUD dalam format doc yang dapat di edit sendiri dengan mudah melalui link tautan di bawah ini. Semoga bermanfaat.. tuhkan bunda kita disini tidak cuma asal download saja tapi perlu pengetahuan untuk menggunakan buku ini itu seperti ini. Gitu