Contoh Kalender Pendidikan PAUD 2015/2016 Download GRATIS. Kalender Pendidikan PAUD (TK, KB, TPA) adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran anak usia dini selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.



Kurikulum TK maupun KB diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun pelajaran. Di dalam kalender pendidikan PAUD harus dicantumkan beberapa hal sebagai berikut.

Kalender Akademik PAUD

Kalender akademik adalah sebuah sistem tanggal yang digunakan sebagai pengingat tentang tanggal-tanggal penting sepanjang semester dan tahun akademik. Bisa juga bermanfaat bagi calon siswa, alumni, dan juga orang tua. Setiap lembaga pendidikan membuat kalender akademiknya sendiri dengan tanggal yang ditentukan sendiri.

Kegiatan yang diberikan dalam kalender berfokus pada hasil belajar dan dengan demikian dapat dicapai melalui sumber daya apa pun termasuk buku teks yang digunakan anak-anak. Kalender ini juga memberikan ruang untuk strategi mengurangi stres dan kecemasan di antara guru, siswa dan orang tua.

Kalender Akademik berisi informasi kegiatan dalam satu tahun akademik untuk kegiatan mengajar dan yang terkait. Kegiatan Kurikuler: Ini mencakup seluruh proses belajar mengajar dengan rencana pengajaran dan mentransaksikan kurikulum yang ditentukan secara efektif.

Info: Untuk TA 2016 2017 silahkan lihat Kaldik PAUD 2016/2017



A. Alokasi Waktu

  1. Permulaan tahun pelajaran
    • Adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pembelajaran.
  2. Minggu efektif belajar
    • Adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
  3. Waktu pembelajaran efektif
    • Adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh bidang pengembangan termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  4. Waktu libur
    • Adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur khusus, libur umum dan hari – hari besar nasional.
Contoh Kalender Pendidikan PAUD 2015/2016 FULL Download kalender akademik tk kalender akademik tk 2015 2016 kalender akademik KB 2015 2016 kalender akademik PAUD 2015 2016 kalender akademik tk semester 1 kalender akademik tk semester 2 kalender akademik tk tahun 2015 2016 contoh kalender akademik tk tk

Contoh Kalender Pendidikan TK KB 2015/2016

Ayah bunda dapat mengunduh kalender akademik paud baik untuk tk kelompok bermain maupun tpa melalui link tautan berikut ini :

Baca Juga:  Buku Inventaris Buku Perpustakaan Anak / Siswa PAUD

Download Kaldik PAUD 2015/2016, KLIK DISINI

Kalender akademik ini beguna untuk merencanakan waktu kegiatan pendidikan anak usia dini sehingga menjadikan program yang dijalankan teratur dan terorganisir. Adapun Penjelasan alokasi waktu kalender akademik tk dan kb tersebut berisi kegiatan-kegiatan anak sebagai berikut (ini sebagai contoh saja):

NoKegiatanAlokasi WaktuKeterangan
1Minggu Belajar EfektifMinimal 34 Minggu
Maksimal 38 Minggu
Digunakan untuk kegiatan pembelajaran efektif di TK/KB
2Jeda Tengah SemesterMaksimal 2 MingguSatu minggu setiap semester
3Jeda Antar SemesterMaksimal 2 MingguAntara semester I dan II
4Libur Akhir TahunMaksimal 3 MingguDigunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir tahun pelajaran.
5Hari libur keagamaan2-4 Minggu
Daerah khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengaturnya sendiritanpa mengurangi jumlah minggu afektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
6Hari libur umum/ nasionalMaksimal 2 mingguDisesuaikan dengan peraturan pemerintah
7Hari libur khususMaksimal 1 mingguDigunakan untuk kegiatan yang diprogramkan secara khusus oleh sekolah tanpa mengurangi minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
8Kegiatan KhususMaksimal 3 mingguMenyesuaikan

INFO PENTING
Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Penampakan Contoh Kalender Pendidikan PAUD 2015/2016 sebagai berikut :

Sekarang ini dinas pendidikan baik tingkat provinsi maupun kabupaten kota sudah lebih peduli dengan kalender paud dengan dikeluarkannya panduan penyusunan setiap tahunnya. Untuk itu diharapkan kepada pendidik paud maupun kepala sekolah agar menghimbau tim kurikulum paud di sekolahnya dalam menyusun dan membuat kalender akademik agar memperhatikan panduan tersebut.