Download Contoh Buku Keuangan Operasional Sekolah PAUD (TK KB TPA SPS) format excel document yang dapat diedit dengan mudah. Pengertian catatan keuangan operasional PAUD adalah buku catatan keuangan kas umum yang digunakan untuk pencatatan operasional harian di sekolah , contoh SPP, belanja alat sehari-hari, dll, dilengkapi bukti pengeluaran/ penerimaan uang. Misal : kwitansi, nota, dll



Fungsi Buku Kas Umum PAUD TK/KB

Keberadaan administrasi keuangan sangat penting dan harus dimiliki oleh lembaga PAUD, karena sangat bermanfaat untuk :

  • Mengatur pemanfaatan dana yang tersedia atau diperoleh dari semua sumber, sehingga dapat dimanfaatkan secara efektif dan dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan peraturan yang berlaku.
  • Untuk menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja (RAPB) dalam pengelolaan Program PAUD selama 1 (satu) tahun
  • Untuk mendapat masukan dana dari sumber-sumber keuangan

Buku Keuangan Yayasan (Kas Umum) bentuk atau formatnya sama dengan Buku Keuangan Operasional Sekolah (Kas Umum), jadi jika ayah bunda sudah download salah satu maka tidak perlu download lagi karena bentuknya sama.

Untuk dokumen berikut, kami jadikan satu file excel yang bisa di edit untuk keperluan lembaga PAUD ayah bunda. Jadi yang sudah download salah satu file buku keuangan di bawah ini sudah tidak perlu download lagi :
1. Buku Keuangan Kas Umum Sekolah / Yayasan
2. Buku Rencana Anggaran Ekstra
3. Buku Pembantu Bank
4. Buku Tanda Terima Honor Guru
5. Buku Bantu Nota

Dokumen buku keuangan operasional sekolah PAUD ini adalah salah satu dokumen dari buku administrasi PAUD lengkap yang bisa diunduh gratis. Lihat semua koleksi format administrasi PAUD klik disini.

Buku Keuangan Operasional Sekolah PAUD TK KB TPA SPS buku keuangan sekolah contoh buku keuangan sekolah buku manajemen keuangan sekolah buku jurnal keuangan sekolah contoh buku kas keuangan sekolah contoh buku jurnal keuangan sekolah contoh buku administrasi keuangan sekolah buku pedoman keuangan sekolah buku administrasi keuangan sekolah buku panduan keuangan sekolah buku kas keuangan sekolah buku keuangan koperasi sekolah buku laporan keuangan sekolah buku pedoman pengelolaan keuangan sekolah contoh buku laporan keuangan sekolah format buku kas keuangan sekolah

Preview buku keuangan operasional PAUD (kas umum) dapat dilihat melalui contoh berikut ini.



Download Buku Keuangan Operasional Lembaga PAUD

Ayah bunda dapat download buku keuangan operasional PAUD (kas umum) format excel document melalui link tautan berikut ini.

Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Manajemen Keuangan Sekolah PAUD

Manajemen keuangan sekolah PAUD terdiri dari perencanaan dan implementasi rencana keuangan, akuntansi, pelaporan dan perlindungan aset dari kerugian dan kerusakan dimana proses pelaporan terkait erat dengan proses perencanaan, definisi tujuan dan pengukuran.

Baca Juga:  Download Contoh Evaluasi dan Penilaian PAUD TK/KB

Mengelola sumber daya keuangan untuk mencapai maksud, tujuan, dan hasil yang memaksimalkan nilai investasi sangat penting untuk rencana jangka panjang dalam menciptakan sistem, proyek, atau inisiatif dalam pendidikan anak usia dini. Manajemen keuangan strategis melibatkan urutan langkah dan strategi yang ditentukan yang mencakup menetapkan tujuan dan tujuan, mengidentifikasi dan mengalokasikan sumber daya, menganalisis data dan membuat keputusan keuangan, melacak anggaran untuk varians dan mengidentifikasi alasan apa pun varians, dan membuat koreksi sesuai kebutuhan.

Dalam pendidikan, manajemen keuangan mencakup mengawasi dana untuk bangunan dan alasan, gaji karyawan, program siswa, persediaan, dan teknologi. Manajer sekolah, atau pengawas, bertanggung jawab untuk mengalokasikan dana ini dan menyimpan catatan, atau dokumen berupa buku keuangan PAUD yang akurat, terkait dengan pengeluaran ini.

Pentingnya catatan keuangan

Salah satu hal terpenting yang dilakukan kepala sekolah paud adalah menjaga catatan keuangan sebaik mungkin, atau dokumentasi, dari semua keuangan sekolahnya. Di tingkat kelas, pengeluaran kecil dilacak oleh Sekretaris Sekolah yang memelihara akun terpisah untuk setiap guru dan memerlukan tanda terima untuk penggantian. Dan juga menggunakan perlengkapan dan teknologi dan melacak pengeluaran ini dalam spreadsheet.