Penyusunan Kegiatan Harian SOP PAUD Kurikulum 2013



Penyusunan Kegiatan Harian SOP PAUD Kurikulum 2013. Menyusun Kegiatan harian PAUD dapat mewadahi seluruh kegiatan yang dilaksanakan setiap hari oleh satuan PAUD. Kegiatan harian disusun untuk mewujudkan visi, misi, dan karakteristik atau keunggulan satuan PAUD. Kegiatan harian berisi kegiatan yang dirancang secara rutin dan kegiatan di sentra/area/kelompok.

Kegiatan harian yang bersifat rutin ditujukan untuk pembentukan karakter anak. Penentuan kegiatan harian sebuah lembaga menunjukkan program pengembangan potensi anak dan kualitas keluaran layanan lembaga PAUD. Karena itulah maka penyusunan kegiatan harian harus dilakukan secara teliti dan menyeluruh.

Manfaat Penyusunan Kegiatan Harian PAUD

  1. Layanan PAUD lebih terarah
  2. Acuan bagi guru dalam melaksanakan pembinaan dan pengelolaan kegiatan pembelajaran.
  3. Petunjuk bagi orang tua dalam mengetahui dan memahami kegiatan yang diikuti anaknya selama di lembaga PAUD.

Unsur-Unsur yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyusunan Kegiatan PAUD

  1. Visi, misi, dan tujuan satuan PAUD: cita-cita yang ingin diwujudkan dalam visi dan tujuan harus dimasukkan ke dalam jadwal. Misalnya, menjadikan anak yang sehat, berarti ada kegiatan membiasakan untuk makan, membiasakan untuk kebersihan diri dan lingkungan yang menunjang anak sehat, dan sebagainya
  2. Sikap-sikap karakter yang diharapkan terbangun pada anak didik sesuai dengan visi dan misi lembaga, dan muatan pembelajaran yang sudah tertuang dalam KTSP.
  3. Keruntutan: jadwal harian memperhatikan keruntutan kegiatan yang diikuti anak sejak datang hingga pulang.
  4. Waktu: Alokasi waktu disesuaikan dengan kebutuhan anak untuk mengembangkan kemampuannya. Misalnya untuk bermain inti anak memerlukan waktu selama 1 jam, sedangkan main motorik kasar memerlukan waktu 20 menit, dan waktu makan 20 menit.
  5. Kesiapan pendidik: Pendidiksebagai penggerak utama dalam proses pembelajaran. Pendidik juga mengkoordinir kegiatan sejak kedatangan hingga kepulangan. Pendidik harus menjadi tim yang kompak, jadi siapapun yang bertugas harus konsisten dalam melaksanakan kegiatan harian.
  6. Komitmen: jadwal harian tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak tetapi juga untuk pendidik, pengelola, termasuk tenaga lain yang ada di satuan PAUD, misalnya tenaga kebersihan, tenaga administratif, dan lainnya.
Penyusunan Kegiatan Harian SOP PAUD Kurikulum 2013

Cara Penyusunan Kegiatan Harian SOP PAUD

  1. Tetapkan kompetensi yang ingin dicapai dan karakter yang ingin dibentuk dari visi, misi, dan tujuan satuan PAUD yang sudah ditetapkan sebelumnya dan disesuaikan dengan indikatornya.
  2. Perhatikan berapa lama anak akan berada di lembaga PAUD dalam setiap harinya.
  3. Siapkan aktivitas yang akan dilakukan anak.
  4. Menetapkan lama waktu yang dibutuhkan setiap aktivitas itu dilaksanakan.

Contoh: Berdasarkan Tujuan yang sudah ditetapkan oleh PAUD Kenanga



1. Tujuan PAUD Kenanga

  1. Terwujudnya anak yang sehat, jujur, senang belajar, dan mandiri
  2. Terwujudnya anak yang mampu merawat dan peduli terhadap diri sendiri, dan teman.
  3. Menjadikan anak yang mampu berfikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan sederhana.
  4. Menjadikan anak beragama sejak dini.
  5. Terciptanya iklim belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak.

2. Program yang akan dikembangkan di PAUD Kenanga

  1. Mengenalkan lingkungan sekitar sejak dini 
  2. Memelihara kebersihan diri dan lingkungan 
  3. Bermain di sentra
  4. Makan bersama
  5. Bermain dalam kelompok besar 
  6. Bermain di luar ruangan