Sambutan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Sarpras PAUD



Contoh Sambutan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Sarpras PAUD. Bantuan keuangan PAUD merupakan salah  satu  strategi  pembiayaan  pembangunan pendidikan yang bermuara pada peningkatan dan penjaminan layanan dasar masyarakat yaitu pelayanan pendidikan. Oleh karena itu pengelolaan penggunaan dana bantuan disesuaikan dengan proposal yang diajukan masing-masing lembaga.

Dalam rangka mendukung kegiatan tersebut maka diselenggarakan kegiatan sosialisasi pengelolaan bantuan sarpras PAUD dengan tujuan meningkatkan pengelola lembaga PAUD dalam pengelolaan bantuan sarana dan prasarana PAUD, dan juga memberikan dukungan dan stimulasi untuk peningkatan pengelolaan sarana dan prasarana lembaga PAUD kepada masyarakat yang sedang melaksanakan pendidikan melalui Program PAUD (TK/KB/TPA/SPS) sehingga memacu perbaikan kualitas layanan yang diberikan.

Sambutan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Sarpras PAUD



Contoh Sambutan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Sarpras PAUD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu program prioritas pembangunan pendidikan nasional, yang diarahkan demi mewujudkan pendidikan yang berkeadilan, bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat. Kebijakan tersebut bertumpu di atas prinsip: ketersediaan lembaga PAUD yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, keterjangkauan layanan PAUD sesuai dengan kemampuan masyarakat, kualitas layanan PAUD dalam mendidik dan mengasuh anak usia 0-6 tahun, kesetaraan layanan PAUD untuk setiap kelompok masyarakat, dan kepastian setiap anggota masyarakat dalam memperoleh layanan PAUD.

Target Angka Partisipasi Kasar (APK) 75% pada tahun 2015 yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan kesepakatan pada Konvensi Dakkar tahun 2000, melalui Program 1 Desa 1 PAUD. Hingga akhir tahun 2013, dari total 77.559 desa se-Indonesia, sebanyak 53.832 desa sudah terlayani PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).

Target Renstra dan capaian PAUD (3-6 tahun) menghasilkan prestasi yang sangat baik dengan melihat indikator kerja utama (Angka Partisipasi Kasar) APK PAUD secara nasional pada tahun 2012 memiliki target APK 63,60%, terealisasikan 63,01%, tahun 2013 target APK 67,40%, terealisasikan 69,4%, sedangkan tahun 2014 Kemdikbud memiliki target capaian APK 72,90%.

Masih rendahnya jumlah anak yang terlayani tersebut antara lain disebabkan oleh masih terbatasnya jumlah lembaga PAUD yang ada, baik lembaga Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), maupun lembaga Satuan PAUD Sejenis lainnya.

Berbagai upaya telah digulirkan pemerintah Pusat dalam rangka meningkatkan kualitas layanan di lembaga PAUD, seperti pemberian bantuan keuangan, hibah, pelatihan bagi tenaga pendidik, pengelola PAUD dan rintisan program PAUD sebagai hasilnya adalah tersebarnya layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diseluruh Indonesia.

Jika dukungan dalam pemberian bantuan Pendidikan untuk Lembaga PAUD bisa disalurkan dengan baik dan memenuhi ketentuan, maka diharapkan keberadaan sarana dan prasarananya dapat semakin memadai.

Sebab selama ini kondisi Sarpras dan Pengelolaannya belum memenuhi seperti yang diinginkan. Untuk itu adanya pemberian bantuan kepada Lembaga-lembaga PAUD, baik dari APBN maupun APBD, saya minta agar dilakukan secara merata dulu kepada yang belum pernah mendapatkan bantuan. Kebijakan ini ditempuh dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses layanan  PAUD.

Bapak/Ibu dan hadirin yang berbahagia,
Berdasarkan kondisi Penyelenggaraan pada masing-masing Lembaga PAUD dimaksud maka pentingnya peningkatan Sarpras sangat berarti bagi kepentingan anak maupun lembaganya. Karena Sarpras tidak hanya berkaitan dengan tingkat kenyamanan dalam belajar sarana bermain saja.

Disisi lain hal itu dapat memberikan citra bagi Lembaga PAUD dan meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat, iklim bermain dan belajar anak serta kelelusaan pendidikan dalam menumbuhkembangkan potensi anak. Jadi tingkat keberhasilan suatu lembaga yang memenuhi syarat, sangat ditentukan dan dipengaruhi adanya sarana dan prasarananya.

Bapak/Ibu dan hadirin yang berbahagia,
Pada kesempatan yang baik ini saya berharap melalui kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Sarpras PAUD yang singkat ini dapat memberikan informasi yang tepat bagi peserta dalam mengelola bantuan mulai dari tahap pembuatan proposal sampai dengan laporan pertanggungjawaban sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

Kami menyambut baik atas diprakarsainya kegiatan ini dalam mendukung terciptanya peningkatan dan pengembangan sarpras PAUD di Indonesia ini. Dan tak lupa kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan ini, Semoga semua yang kita lakukan berguna bagi Nusa, Bangsa dan generasi mendatang.
Akhirnya dengan mengucap “Bismillahirrohmaanirrochim”, Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Sarpras PAUD ini, secara resmi Saya nyatakan DIBUKA. Sekian. Terima kasih atas perhatian Saudara.