Ada 19 minggu rppm tk a kurikulum merdeka untuk semester 1 (gasal) yang dapat di download secara gratis contohnya. Rencana kegiatan mingguan tk ini berisi tujuan kegiatan, rencana kegiatan dan alat yang digunakan selama 1 pekan pembelajaran PAUD, disertai dengan contoh refleksi guru. Ingin melihat seperti apa contohnya silahkan lihat sampai akhir tulisan ini.

RPPM TK A Smt 1 Kurmer

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan atau RPPM PAUD dalam kurikulum merdeka adalah suatu cara yang baik untuk menyusun rencana pembelajaran dalam membantu anak-anak memahami pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan menyusun rencana mingguan, anak-anak akan memiliki waktu yang ditentukan untuk mengeksplorasi, bermain, dan belajar tentang dunia di sekitar mereka.

Rencana mingguan paud harus memasukkan berbagai jenis aktivitas yang mencakup berbagai aspek perkembangan anak. Misalnya, anak-anak harus mendapatkan waktu yang cukup untuk menikmati berbagai jenis permainan, belajar mengenai alam dan sosial, dan bahkan menerapkan keterampilan dasar seperti menulis dan membaca.

Setiap rencana mingguan harus mencakup berbagai macam jenis aktivitas. Beberapa aktivitas untuk dipertimbangkan termasuk: membaca buku, menggambar, melukis, membuat lukisan, melakukan lagu dan gerakan, menonton video, memecahkan masalah, membuat mainan, dan berbagai permainan lainnya.

rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan paud tk kurikulum merdeka

Isi RPPM PAUD Kurikulum Merdeka

Ayah bunda dapat membuat rppm tk a semester 1 dengan format yang di dalamnya terdapat minimal :

  1. Identitas Program
  2. Tujuan Kegiatan
  3. Daftar rencana kegiatan selama 1 minggu
  4. Refleksi Guru

Contoh RPPM TK A Semester 1 Kurikulum Merdeka

Setelah menyusun program semester (Promes) Kurikulum Merdeka, langkah selanjutnya adalah menjabarkan dalam program Mingguan yang biasa dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Berikut contoh program Mingguan yang dijabarkan/ diturunkan dari Program Semester.

Baca Juga:  RPPM TK A Smt 2 Kurmer (18 Minggu Rencana Kegiatan)

Perbedaan Penyebutan TK-A dan TK-B terletak pada usia anak usia dini yang dilayani: TK-A melayani anak PAUD usia 4-5 tahun; sedangkan TK-B melayani anak PAUD usia 5-6 tahun.

RPPM TK A Semester 1 (19 Minggu) Kurikulum Merdeka

RPPM TK A Semester 1 Kurikulum Merdeka PAUD mencakup beberapa topik yang akan diajarkan dan pelajari oleh anak-anak di PAUD. Topik-topik ini meliputi:

  • RPPM TK-A Topik Sekolah Asyik dengan turunan topik ayo berkenalan, dan bekerja sama (minggu 1 & 2)
  • RPPM TK-A Topik Indonesiaku dengan turunan topik aku anak phbs, negaraku, kebinekaan, pahlawan, dan P5 merayakan kemerdekaan (minggu 3, s.d 7)
  • RPPM TK-A Topik Mitigasi Bencana dengan turunan topik saat kebakaran, saat banjir, saat gema bumi (minggu 8 s.d 10)
  • RPPM TK-A Topik Alam Semesta dengan turunan topik ruang angkasa, bulan, bintang, matahari (minggu 11 s.d 14)
  • RPPM TK-A Topik Apa Saja di Sekitarku dengan turunan topik sekolahku, keluargaku, guruku, dan perpustakaan (minggu 15 s.d 18)
  • RPPM TK-A Topik Kesenian Lokal dengan turunan topik wayang (minggu 19)

Ayah bunda dapat mengunduh file rppm semester 1 tk A kurikulum merdeka melalui link tautan berikut ini :

Tampilan preview dokumen contoh rppm kurikulum merdeka tk b A semester 1 adalah sebagai berikut (refleksi guru disini sudah diisikan sebagai contoh saja, silahkan nanti di edit ya ayah bunda) :

RPPM PAUD Semester 1 TK-A (4-5 Tahun) Kurikulum Merdeka

RPPM PAUD (TK A-B) KURIKULUM MERDEKA
Berikut ini adalah daftar RPPM PAUD Kurikulum Merdeka untuk layanan TK usia 4-5 dan 5-6 tahun full semester 1 (gasal) dan semester 2 (genap) :
1. RPPM TK A Semester 1 Kurmer
2. RPPM TK A Semester 2 Kurmer
3. RPPM TK B Semester 1 Kurmer
4. RPPM TK B Semester 2 Kurmer

Perencanaan program mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Baca Juga:  RPPM KB 2-3 Tahun Semester 1 Kurikulum 2013

Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain: melaksanakan ibadah, membantu orang yang kesusahan, membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

  • RPPM disusun sebagai acuan pembelajaran selama satu minggu. RPPM dapat berbentuk jaringan tema atau format lain yang dikembangkan oleh satuan PAUD yang berisi projek-projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan pembelajaran.
  • RPPM berisi kegiatan-kegiatan sesuai dengan Kompetensi Dasar yang tercantum dalam Prosem program semester sesuai dengan tema, sub tema, dan alokasi waktu yang telah ditentukan.
  • Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema untuk menunjukkan hasil belajar. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

Rencana mingguan harus mencakup berbagai jenis aktivitas yang membantu anak-anak memahami dunia di sekitar mereka. Misalnya, anak-anak dapat mengunjungi museum, berlibur di alam terbuka, dan berpartisipasi dalam kegiatan yang berhubungan dengan budaya mereka. Untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan manfaat dari setiap aktivitas, para orang tua harus memastikan bahwa anak-anak mereka menikmati setiap kegiatan. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi secara positif dengan lingkungan sekitarnya.

Rencana mingguan paud juga harus memasukkan berbagai macam jenis kegiatan yang bisa membantu anak-anak mengasah keterampilan dasar mereka. Misalnya, anak-anak dapat melakukan latihan menulis, membaca, menghitung, dan bahkan mengajarkan diri mereka untuk berbicara. Dengan menyusun rencana mingguan yang tepat, anak-anak dapat mencapai perkembangan yang sehat dan tumbuh dengan baik. Orang tua harus memastikan bahwa mereka memiliki waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan anak-anak mereka selama setiap minggu.

Baca Juga:  RPPM RKM Kelompok Bermain Semester 2 Usia 2-3 Tahun