RPPM Kurikulum Merdeka TK B Semester 1 terbaru berisi 19 minggu dapat diunduh melalui halaman ini. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan di PAUD dapat menjadi panduan bagi para guru PAUD dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif selama 1 minggu. Seperti apa contoh RPPM TK Kurikulum Merdeka ini yuk baca selengkapnya :



RPPM Kurikulum Merdeka TK B

Salah satu tujuan utama dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan adalah untuk memastikan bahwa semua anak mendapatkan materi pembelajaran yang berkualitas dan bermanfaat. Oleh karena itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan haruslah terorganisir dengan baik dan mencakup semua materi pelajaran yang dipelajari anak-anak.

RPPM ini dibuat untuk menjamin bahwa semua anak mendapatkan pembelajaran yang berkualitas dan bermanfaat. Dengan menetapkan tujuan pembelajaran, guru PAUD dapat memastikan bahwa materi yang disampaikan kepada anak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan juga akan membantu guru untuk mengatur waktu dan menyusun jadwal pembelajaran yang efektif selama sepekan.

RPPM Kurikulum Merdeka TK B Semester 1
RPPM Kurikulum Merdeka TK B Semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan juga harus mencakup kegiatan dan bahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran ini harus memungkinkan anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan, mudah dan berkesan. Metode yang dapat digunakan termasuk diskusi kelompok, demonstrasi, presentasi, dan permainan.

Contoh RPPM TK B Semester 1

Setelah menyusun program semester (Promes) Kurikulum Merdeka, langkah selanjutnya adalah menjabarkan dalam program Mingguan yang biasa dikenal dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM). Berikut contoh program Mingguan yang dijabarkan/ diturunkan dari Program
Semester :



Perbedaan Penyebutan TK-A dan TK-B terletak pada usia anak usia dini yang dilayani: TK-A melayani anak PAUD usia 4-5 tahun; sedangkan TK-B melayani anak PAUD usia 5-6 tahun.

Baca Juga:  RPPM TK B Semester 2 Kurikulum Merdeka PAUD Full

Pada contoh RPPM TK B semester 1 Kurikulum Merdeka ini terdiri dari 19 minggu dan mengambil topik:

  • RPPM TK-B Topik Sekolah Asyik dengan subtopik ayo berkenalan, dan bekerja sama (minggu 1 & 2)
  • RPPM TK-B Topik Indonesiaku dengan subtopik aku anak phbs, negaraku, kebinekaan, pahlawan, dan P5 merayakan kemerdekaan (minggu 3, s.d 7)
  • RPPM TK-B Topik Mitigasi Bencana dengan subtopik saat kebakaran, saat banjir, saat gema bumi (minggu 8 s.d 10)
  • RPPM TK-B Topik Alam Semesta dengan subtopik ruang angkasa, bulan, bintang, matahari (minggu 11 s.d 14)
  • RPPM TK-B Topik Apa Saja di Sekitarku dengan subtopik sekolahku, keluargaku, guruku, dan perpustakaan (minggu 15 s.d 18)
  • RPPM TK-B Topik Kesenian Lokal dengan subtopik wayang (minggu 19)

Tampilan preview dokumen contoh rppm kurikulum merdeka tkb b semester 1 adalah sebagai berikut (refleksi guru disini sudah diisikan sebagai contoh saja, silahkan nanti di edit ya ayah bunda) :

RPPM Kurikulum Merdeka TK B Semester 1

RPPM PAUD (TK A-B) KURIKULUM MERDEKA
Berikut ini adalah daftar RPPM PAUD Kurikulum Merdeka untuk layanan TK usia 4-5 dan 5-6 tahun full semester 1 (gasal) dan semester 2 (genap) :
1. RPPM TK A Semester 1 Kurmer
2. RPPM TK A Semester 2 Kurmer
3. RPPM TK B Semester 1 Kurmer
4. RPPM TK B Semester 2 Kurmer

Perencanaan program mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. Perencanaan kegiatan mingguan dapat berbentuk jaringan tema (web). Jaringan tema berisi projek- projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan-kegiatan pembelajaran.

Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema yang menunjukkan prestasi peserta didik. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain: melaksanakan ibadah, membantu orang yang kesusahan, membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.

  • RPPM disusun sebagai acuan pembelajaran selama satu minggu. RPPM dapat berbentuk jaringan tema atau format lain yang dikembangkan oleh satuan PAUD yang berisi projek-projek yang akan dikembangkan menjadi kegiatan pembelajaran.
  • RPPM berisi kegiatan-kegiatan sesuai dengan Kompetensi Dasar yang tercantum dalam Prosem program semester sesuai dengan tema, sub tema, dan alokasi waktu yang telah ditentukan.
  • Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan puncak tema untuk menunjukkan hasil belajar. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan, panen tanaman, dan kunjungan.
Baca Juga:  RPPM Kelompok Bermain B 3-4 Tahun Semester 1 K13