Download Contoh Aplikatif Program Semester dan Tahunan 2015/2016 PAUD (TK KB TPA SPS) PROMES PROTAH sesuai kurikulum 2013 PAUD–Berikut ini akan disajikan contoh program semester dan program tahunan PAUD baik untuk TK, KB, TPA, dan SPS tahun ajaran 2015/2016 yang dapat bunda/ayah download secara langsung.
PROMES (Program Semester) adalah rencana kegiatan yang terkait dengan kegiatan kurikulum dalam rentang satu semester atau setara dengan enam bulan waktu kalender. Rencana kegiatan semester setidaknya memuat unsur waktu, tema, sub tema, dan kegiatan pendukung.
PROTAH (Program Tahunan) adalah program disusun oleh lembaga berisi tentang rencana kegiatan yang mendukung kegiatan anak, yang akan dilaksanakan dari mulai awal tahun ajaran hingga akhir tahun ajaran.
Inti dari setiap kurikulum yang efektif, adalah rencana progresif untuk pembelajaran dan perkembangan anak-anak di usia dini. Pentingnya perencanaan di tahun-tahun awal adalah bahwa rencana adalah kunci untuk membuat pembelajaran menjadi efektif, menarik, dan progresif.
Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua anak menikmati kurikulum yang seimbang. Dalam hal penggunaan teknologi, pengalaman yang direncanakan dalam pengasuhan dan pendidikan anak sangat penting sehingga ayah bunda dapat membangun pengalaman di rumah mereka dan mempromosikan kemajuan pembelajaran yang langgeng dalam literasi teknologi mereka.
Contoh Pogram Semester & Tahunan PAUD
TAHUN AJARAN 2015/2016 – PROMES PROTAH PAUD – Contoh program semester dan tahunan untuk TK, KB, TPA, dan SPS ini dapat di download dalam format DOCX yang dapat diedit sesuai kebutuhan.
Preview dokumen dapat dilihat di bawah ini:
Contoh PROMES dan PROTAH PAUD K-13 Tahun 2016/2017
UPDATE: Untuk contoh terpisah program tahunan dan program semester tahun ajaran 2016/2017 dapat di download format docx melalui link tautan berikut ini :
- Program Tahunan (PROTAH) PAUD K-13 Lihat Disini
- Program Semester (PROMES) PAUD K-13 tebaru Lihat Disini
Mengapa Perencanaan penting dalam Pendidikan Anak Usia Dini?
Perencanaan ayah bunda dalam pendidikan anak usia dini harus selalu dilihat sebagai dokumen kerja yang fleksibel. Tidak ada yang harus tetap statis terutama ketika mempertimbangkan integrasi teknologi dalam kurikulum tahun-tahun awal. Hal penting untuk diingat adalah bahwa setiap anak dalam pengasuhan ayah bunda berhak menikmati pembelajaran melalui kurikulum dan juga memastikan ayah bunda mampu memenuhi kebutuhan mereka.
Kita tahu bahwa ketika orang tua dan praktisi di tahun-tahun awal bekerja bersama, apa dampak langsungnya terhadap perkembangan dan pembelajaran anak-anak. Kedua pasangan harus banyak belajar dari satu sama lain dan banyak berbagi satu sama lain. Bekerja sama untuk benar-benar memahami dan memenuhi kebutuhan individu anak dimulai dengan menghargai dan menghormati peran berbeda yang dimainkan setiap pasangan.
Ini adalah proses yang melibatkan berbagi informasi dan keterampilan dan membangun hubungan berdasarkan rasa saling menghormati dan kepercayaan. Komunikasi dua arah yang terbuka sangat penting untuk memastikan bahwa pengetahuan dan keahlian dibagi di antara mitra. Inti dari semua kemitraan adalah anak yang tetap menjadi prioritas.
Pengamatan anak-anak sangat penting. Karena setiap anak memiliki seperangkat kemampuan dan bakat yang unik, pengamatan dalam situasi yang berbeda menangkap hal ini secara langsung. Titik awalnya selalu dengan anak. Mengamati apa yang dipilih anak-anak untuk dilakukan, apa minat mereka dan siapa dan sumber apa yang mereka sukai untuk bermain, memberi orang dewasa informasi yang dapat dipercaya tentang anak-anak sebagai individu.
Dokumen pengamatan PAUD dapat mendukung pengembangan observasi sistematis. Observasi juga memberikan kesempatan untuk mengukur kebutuhan anak-anak dan dengan demikian merencanakan langkah selanjutnya dalam pembelajaran mereka dengan lebih akurat. Pengamatan dilakukan secara teratur sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari. Membahas ini dengan anak, orang tua dan anggota tim mereka memberikan titik awal untuk pendekatan holistik yang akan memastikan bahwa anak selalu menjadi pusat dari apa yang direncanakan.