Contoh Buku Acuan Menu Pembelajaran (Pedoman Kurikulum) PAUD. Buku acuan menu pembelajaran atau biasa disebut dengan pedoman kurikulum adalah buku yang digunakan sebagai dasar/pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD. Buku ini merupakn contoh dari Kumpulan Buku Administrasi PAUD



Pedoman kurikulum ini dibuat dengan mengacu Standar Nasional PAUD dan juga Kurkulum PAUD yang berlaku saat ini. Buku Pedoman Kurikulum dikembangkan sebagai perwujudan dan kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Kurikulum ini disusun oleh satu Tim Penyusun terdiri atas Kepala Lembaga PAUD di bawah koordinasi dan supervisi UPT Dinas Pendidikan Kecamatan setempat.

Kurikulum disusun dalam satu kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan:

  1. Peningkatan iman dan takwa; 
  2. Peningkatan akhlak mulia; 
  3. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat peserta didik; 
  4. Keragaman potensi daerah dan lingkungan; 
  5. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional; 
  6. Tuntutan dunia kerja; 
  7. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; 
  8. Agama; 
  9. Dinamika perkembangan global; serta 
  10. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan. 
Buku Acuan Menu Pembelajaran/ Pedoman Kurikulum PAUD acuan menu pembelajaran acuan menu pembelajaran generik acuan menu pembelajaran pada paud acuan menu pembelajaran generik paud acuan menu pembelajaran paud

Selaras dengan komitmen penerapan sistem desentralisasi pendidikan, muncul tuntutan terhadap pembaharuan sistem pendidikan, termasuk pembaharuan dalam kurikulum, yaitu “penganekaragaman” kurikulum (diversifikasi) untuk melayani peserta didik dan potensi daerah yang beragam.

Buku Acuan Menu Pembelajaran/ Pedoman Kurikulum PAUD

Untuk mewadahi keberagaman tersebut, kurikulum satuan dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan, atau dikenal dengan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah kurikulum satuan yang disusun oleh dan dilaksanakan di setiap satuan pendidikan termasuk satuan pendidikan anak usia dini (PAUD).

Untuk download gunakan link tautan berikut ini. Mohon menunggu sampai tombol download disiapkan oleh sistem:



Dengan merujuk pada kebijakan  tersebut,  setiap satuan PAUD memiliki kewenangan dan keleluasaan untuk mengembangkan kurikulum di satuannya secara mandiri dengan tetap mengacu/mempertimbangkan rambu-rambu yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Baca Juga:  Cara Membuat/ Mengisi Kesimpulan Raport PAUD TK

Sebagai contoh diberikan Buku Acuan Menu Pembelajaran / Pedoman Kurikulum PAUD melalui link tautan diatas dengan penampakan atau preview dibawah ini…lihat koleksi dokumen PAUD lengkap dari kami :

Anak-anak mendapat manfaat dari pendidikan dini karena usia mereka membutuhkan rangsangan, dorongan, dan struktur. Kita semua pernah mendengar tentang bagaimana anak-anak berkembang dari rutinitas, dan hal yang sama dapat dikatakan untuk pendidikan dini. Pada usia ini, pikiran mereka adalah spons alami — mereka menyerap segalanya!

Sebuah penelitian telah menunjukkan perbedaan yang sangat nyata antara keberhasilan orang dewasa yang mengikuti program pendidikan anak usia dini dibandingkan mereka yang tidak. Dengan kurikulum PAUD, tujuan sekolah adalah untuk meniru pengalaman ini di rumah.

Sejalan dengan itu, apa yang harus ayah bunda cari dalam kurikulum PAUD? Dari pengalaman, salah satu aspek terpenting dari kurikulum adalah yang mengajarkan keterampilan melalui pembelajaran langsung. Paling umum, orang tua lebih memilih kurikulum PAUD yang mengajarkan calistung atau yang bisa bahasa dan literasi, mendorong membaca/menceritakan, keterampilan matematika dasar, warna, dan keterampilan motorik halus.