APE PAUD – Menyadari pentingnya alat permainan edukatif (APE) di dalam pembelajaran PAUD untuk memaksimalkan perkembangan anak, kami menghimpun berbagai jenis ragam main anak usia dini mulai dari APE dari kertas, membentuk plastisin, APE dari bahan alam, APE dari bahan daun kering, menggambar dan mewarnai dan yang paling seru adalah sains untuk anak usia dini.

Sejarah APE PAUD Sebagai Alat Permainan Edukatif

Dewan Nasional Indonesia untuk kesejahteraan sosial (1972) mengenalkan istilah Alat Permainan Edukatif. APE merupakan perkembangan dari proyek pembuat buku keluarga dan balita yang dikelola oleh Kantor Menteri Urusan Peranan Wanita. Karena keberhasilan proyek tersebut APE digunakan di seluruh wilayah Indonesia melalui program-program BKKBN dan ibu-ibu PKK.

Jumlah dan ragam main APE saat ini sudah berkembang sesuai kebutuhan sehingga APE dikelompokkan menjadi APE luar ruangan (outdoor) dan APE dalam ruangan (indoor).

Pengertian / Definisi APE

Apa itu APE (Alat Permainan Edukatif)? APE adalah alat permainan yang dapat memberikan fungsi permainan secara optimal dalam membantu perkembangan anak usia dini. Melalui alat permainan edukatif ini anak akan selalu dapat mengembangkan kemampuan fisik, bahasa, kognitif, dan adaptasi sosialnya.

Dikatakan APE apabila memenuhi syarat alat permainan ini harus aman, ukurannya sesuai dengan usia anak, modelnya jelas, menarik, sederhana, dan tidak mudah rusak.

Pada penggunaan alat main anak, banyak orang tua yang kurang mengetahui arti penting APE karena banyak orang tua yang membeli alat permainan hanya sekedar membeli untuk anak mereka saja tanpa mempedulikan jenis kegunaan yang mampu mengembangkan aspek tersebut, bahkan sampai-sampai harganya mahal, tidak sesuai umur anak, dan tipe permainannya sama.

Agar ayah bunda dapat mengetahui alat permainan edukatif yang benar, ada beberapa contoh jenis permainan yang dapat mengembangkan secara edukatif, seperti :

  1. Permainan sepeda roda dua atau tiga, bola, mainan yang ditarik dan didorong jenis ini mempunyai pendidikan dalam pertumbuhan fisik atau motorik kasar anak usia dini.
  2. Adapun alat permainan gunting, pensil, balok, bola, lilin dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini.
  3. Alat permainan buku cerita, buku bergambar, boneka, puzzle, pensil warna, radio dll dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa.
  4. Alat permainan seperti sendok, sepatu, kaos kaki, baju semuanya dapat dipakai untuk mengembangkan kemampuan menolong diri sendiri.
  5. Alat permainan seperti bola, tali, dan kotak dapat digunakan bersama-sama untuk mengembangkan tingkah laku sosial.

Selain menggunakan alat permainan secara edukatif, ayah bunda juga harus memiliki pengetahuan tentang jenis alat permainan dan kegunaannya, sabar dalam bermain, tidak memaksakan, dan mampu mengkaji kebutuhan bermain anak seperti kapan harus mulai dan kapan harus berhenti, memberikan kesempatan untuk mandiri. Dengan demikian fungsi ragam main APE akan lebih sempurna.

LIhat Koleksi APE PAUD Jateng, KLIK DISINI