13 Kumpulan Petunjuk Teknis, Juknis Bantuan PAUD 2018



JUKNIS PAUD 2018 – Inilah kumpulan petunjuk teknis juknis bantuan PAUD tahun 2018 dengan sumber dana dari APBN pusat. Tahun 2018 pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memberikan perhatian yang lebih intensif bagi lembaga untuk memberikan layanan paud yang holistik integratif.

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa stimulasi tumbuh kembang anak baik diberikan pada usia 0-6 tahun yang merupakan masa Golden Age dan paling baik stimulasi diberikan pada anak usia 0-3 tahun pertama dalam kehidupannya.

Program 1000 Hari Kehidupan Anak

Upaya yang holistik dan integratif perlu dilakukan agar pencapaian tumbuh kembang anak dapat dicapai hasil yang maksimal. Tidak hanya dalam hal kurikulum, sarpras, dan aspek perkembangan, pemerintah juga memperhatikan status gisi dan kesehatan anak melalui program seribu hari kehidupan anak usia dini yang diyakini hal tersebut mampu mendukung kualitas awal perkembangan anak Indonesia.

Menyadari pentingnya PAUD maka pemerintah pusat menggelontorkan dana bantuan paud untuk lembaga yang berhak menerimanya. Dan untuk mempermudah pelaksanaan dan penyaluran dana bantuan tersebut, maka pemerintah mengeluarkan sejumlah pedoman atau juknis, petunjuk teknis bantuan paud tahun 2108 ini baik untuk keperluan sarpras, pendidik, maupun kesehatan anak yang kesemuanya sudah kami himpun melalui tabel berikut ini:



Download Kumpulan Juknis Bantuan PAUD 2018

Silahkan lihat daftar juknis bantuan 2018 untuk paud melalui tabel berikut ini. Untuk melakukan download silahkan menggunakan link tautan yang disediakan di kolom sebelah kanan ya!

NONAMA JUKNIS BANTUAN PAUDLINK DOWNLOAD
1Juknis Inisiasi Penyelenggaraan PAUD 0-3 Tahun (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 1 Tahun 2018)Lihat Disini
2:: Juknis Penggunaan Dana Bantuan BOP PAUD 2018 Alokasi Non Fisik ( PERMENDIKBUD no. 2 Tahun 2018 ) ::Lihat Disini
3Juknis Bantuan Pembangunan Unit Gedung Baru PAUD Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 3 Tahun 2018)Lihat Disini
4Juknis Program Ilmuan Cilik (Little Scientist), Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 4 Tahun 2018)Lihat Disini
5Juknis Bantuan Pustaka Mainan (Toy Library) PAUD 2018, Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 5 Tahun 2018Lihat Disini
6Juknis Bantuan Rehabilitasi / Renovasi Gedung PAUD 2018 (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 6 Tahun 2018)Lihat Disini
7Juknis Bantuan Pasca Bencana 2018 (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 7 Tahun 2018)Lihat Disini
8Juknis Bantuan Lembaga Tempat Uji Kompetensi Pendidik PAUD 2018 (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 58 Tahun 2018)Lihat Disini
9Juknis Bantuan Sarana Pembelajaran / APE PAUD 2018 (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 9 Tahun 2018)Lihat Disini
10Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru PAUD 2018 (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 10 Tahun 2018)Lihat Disini
11Juknis Pemberian Makanan Sehat 2018 (Juknis PMT, Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 11 Tahun 2018)Lihat Disini
12Juknis Bantuan Koordinasi Pra Sekolah Dasar (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 12 Tahun 2018)Lihat Disini
13Juknis Bantuan Pembangunan Unit Gedung Baru (UGB) dan Revitalisasi Gedung PAUD 2018 (Peraturan Dirjen Paud Dikmas Kemdikbud no. 22 Tahun 2018)Lihat Disini

Petunjuk Teknis Juknis Bantuan PAUD 2018

Penjelasan Singkat Petunjuk Teknis PAUD 2018

1. Juknis Inisiasi Penyelenggaraan PAUD 0-3 Tahun

Pemerintah memberikan bantuan khusus bagi lembaga PAUD yang dikelola lembaga masyarakat, posyandu, ormas, maupun mitra paud lainnya yang memberikan layanan pendidikan dan pengasuhan anak usia 0-3 tahun. Sasaran program ini bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi kasar paud pada usia 0 hingga 3 tahun.

2. Juknis Penggunaan BOP DAK PAUD 2018

Petunjuk teknis ini dikeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud yang mengatur penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) BOP PAUD 2018 dengan tujuan membantu penyediaan biaya operasional dan non personalia bagi anak usia dini yang diberikan lembaga paud, hal ini juga akan meringankan beban orang tua siswa dalam mengikutsertakan anaknya dalam lembaga paud yang berkualitas.

3. Juknis Bantuan Pembangunan Unit Gedung Baru PAUD Daerah 3T

Adalah bantuan pemerintah pusat dalam bentuk uang untuk pembangunan gedung baru di daerah 3T termasuk daerah yang terkena bencana/pinggiran, perbatasan/ daerah pesisir/ tepi pantai/ termajinalkan, daerah di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang pembangunannya dilaksanakan sendiri oleh lembaga penerima bantuan.

4. Juknis Bantuan Ilmuan Cilik / Little Scientist 2018

Petunjuk teknis penyaluran dan penggunaan dana program ilmuan cilik / little scientist diperuntukkan bagi lembaga penerima bantuan ini yang berjumlah 40 lembaga yang menjadi rujukan program ilmuan cilik sekitarnya.

5. Juknis Pustaka Mainan / Toy Library 2018

Karena di lapangan banyak sekali dijumpai lembaga paud yang belum memenuhi hak anak seperti hak mendapatkan stimulasi pendidikan, hak bermain, dan hak memperoleh perlindungan dikarenakan terbatasnya sarana yang dimilikinya, maka pemerintah pusat melaksanakan program ini di beberapa lokasi terpilih dengan tujuan memfasilitasi terpenuhinya kebutuhan bermain dan stimulasi pendidikan bagi anak usia dini di lokasi tersebut.

6. Juknis Bantuan Rehabilitasi / Renovasi Gedung PAUD 2018

Satuan lembaga paud yang gedungnya rusak dan perlu dilakukan rehab / renovasi dan yang telah memenuhi syarat maka dapat menerima bantuan ini. Tujuannya adalah peningkatan layanan dan mutu prasarana paud, dan mengembalikan kelayakan fungsi prasarana paud.

7. Juknis Bantuan Pasca Bencana 2018

Bagi lembaga PAUD yang mengalami kerusakan infrastruktur baik sarana maupun prasarana yang diakibatkan bencana maka berhak mendapatkan bantuan ini, sehingga ketersediaan akses layanan paud berkualitas dapat terpenuhi sarpras yang rusak akan berfungsi kembali.

8. Juknis Bantuan Lembaga TUK Pendidik PAUD (Tempat Uji Kompetensi Pendidik PAUD)

Bantuan Lembaga Tempat Uji Kompetensi (TUK) adalah bantuan berupa sejumlah uang yang diberikan kepada lembaga yang akan menjadi tempat penyelenggaraan uji kompetensi bagi pendidik PAUD, yang memenuhi persyaratan sebagai TUK Pendidik PAUD. Hasilnya adalah berupa sebuah lembaga PAUD yang siap digunakan sebagai tempat TUK Pendidik PAUD guna meningkatkan kompetensi guru paud.

9. Juknis Sarana Pembelajaran SARBEL / APE PAUD 2018

Sarana pembelajaran paud adalah seperangkat bahan dan media belajar paud untuk mendukung kegiatan belajar melalui bermain, sehingga menjadi lebih efektif dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak usia dini. Sarana pembelajaran ini biasa disebut dengan APE PAUD dan terbagi ke dalam APE Indoor (dalam ruangan), dan APE Outdoor (luar ruangan). Bagi lembaga PAUD yang memiliki APE jauh dari kata standar dan terpilih maka bisa mendapatkan bantuan ini.

10. Juknis Bantuan Ruang Kelas Baru PAUD 2018

Lembaga PAUD yang siswanya sudah melebihi kapasitas gedung, maka dapat membangun ruang kelas baru sehingga luas bangunan gedung akan bertambah. Tujuan bantuan ini adalah untuk memenuhi kebutuhan prasarana khususnya ruang kelas baru bagi lembaga paud.

11. Juknis Pemberian Makanan Sehat 2018 / Juknis PMT

Banuan paud yang dikemas melalui program pemberian makanan sehat tujuannya membentuk kebiasaan makan makanan sehat dan pola hidup sehat sejak anak usia dini, sehingga kesehatan dan kecerdasan peserta didik anak meningkat.

12. Juknis Koordinasi Penuntasan Pra Sekolah Dasar 2018

Adalah sebuah program penuntasan ikut PAUD minimal 1 tahun pra SD yang melacak tuntas anak yang berusia 5-6 tahun sehingga meningkatnya layanan paud bermutu untuk anak yang akan masuk SD/MI. Program bantuan ini ditujukan untuk peserta baik tokoh masyarakat, bunda paud, camat, kepala desa / kelurahan, dan instansi terkait di wilayah kerja kabupaten / kota.

13. Juknis Bantuan Pembangunan Unit Gedung Baru (UGB) dan Revitalisasi Gedung PAUD 2018

Merupakan bantuan pemerintah pusat dalam bentuk uang yang dilaksanakan untuk pembangunan UGB yang dirintis sebagai rujukan pemenuhan standar Nasional PAUD khususnya standar prasarana gedung PAUD yang dilaksanakan sendiri oleh lembaga penerima bantuan untuk menjadi PAUD percontohan. Sementara revitalisasi diberikan pemerintah kepada lembaga PAUD guna pengembangan lembaga PAUD sehingga menjadi PAUD percontohan.

Demikian kumpulan juknis paud 2018 yang menjadi petunjuk teknis pelaksanaan program bantuan paud, semoga bermanfaat. Untuk subscribe email PAUD Jateng silahkan daftarkan emailnya di kotak berlangganan ya!