Manajemen Kurikulum PAUD, Perencanaan Pengembangan Evaluasi



Manajemen kurikulum PAUD meliputi (1) manajemen perencanaan kurikulum paud dan (2) manajemen pengembangan kurikulum paud. Meskipun kurikulum paud telah dikelola dengan baik

Pengertian Manajemen Kurikulum PAUD

Definisi manajemen kurikulum PAUD adalah pengelolaan yang dilakukan secara efektif dan efisien terhadap seperangkat bahan ajar untuk anak usia dini usia 0-6 tahun guna mencapai tumbuh kembang optimal.

Perencanaan Kurikulum PAUD

Kurikulum paud pengorganisasian nya dimulai dengan manajemen perencanaan kurikulum paud yang maksudnya adalah teknis kurikulum paud direncanakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan edukasi seperti kedisiplinan, aktivitas individu dan kelompok, istirahat, makan snack, dan seluruh kegiatan lainnya. Hal ini didasarkan bahwa anak adalah pembelajar aktif dalam menelaah lingkungan dan berbagai pengalaman hidupnya.

Metode Pengembangan Kurikulum PAUD

Setelah direncanakan, kurikulum yang sudah jadi dan diimplementasikan harus selalu dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan kurikulum sebelumnya maupun pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik lagi. Ada 3 (tiga) metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum paud yaitu sebagai berikut:



a.    Maturational Model / Pendekatan Proses Pematangan

Pada metode ini menerangkan bahwa setiap anak yang terlahir ke dunia memiliki sifat bawaan (trah) yang unik berupa tingkah laku tertentu dan akan berubah sendirinya karena dipengaruhi lingkungan dan perkembangan psikologis anak. Dalam menggunakan model proses pematangan untuk mengembangkan kurikulum paud ada setidaknya tiga aspek yang harus diperhatikan yaitu:

:: Aspek administrasi: berkaitan dengan pemberian ruang gerak yang maksimum bagi anak, dan juga memberikan mainan edukatif yang akan mengasah enam aspek perkembangan anak usia dini yang terdapat di dalam Standar Nasional PAUD Pasal 7 (3) Permendikbud 137 th 2014.

:: Aspek pendidikan: anak diberikan kebebasan untuk memilih kegiatan main yang disukai, dan penyusunan aktivitas atau kegiatannya sendiri didasarkan tema yang disusun melalui berbagai permainan.

:: Aspek evaluasi program: indikator keberhasilan program ditandai dengan berkembang dan matangnya enam aspek perkembangan anak didik paud.

b.    Pendekatan Tingkah Laku Lingkungan

Kurikulum pendidikan dalam paud yang berhasil akan mengubah tingkah laku anak usia dini jika anak didik dapat mengendalikan peristiwa yang terencana maupun yang tidak terencana. Yang perlu diperhatikan adalah:

::  Aspek administrasi: penataan lingkungan bermain anak perlu diperhatikan agar anak nyaman dan aman, penataan dalam ruangan perlu disekat dengan penataan alat main didasarkan pada fokus penajaman aspek perkembangan yang dikehendaki.

::  Aspek pendidikan: rancangan kegiatan anak ditujukan pada pencapaian yang mendorong semua anak menguasai kegiatan secara optimal.

::  Aspek evaluasi program: indikator keberhasilan program ditandai dengan kesiapan anak usia dini dalam memasuki jenjang sekolah lanjutan (misalnya dari KB ke TK, TK ke SD/MI).

manajemen kurikulum paud makalah ruang lingkup dan program manajemen kurikulum psuf pengajaran pengertian ruang lingkup implementasi adalah

Manajemen Kurikulum PAUD, Perencanaan Pengembangan Evaluasi

c.    Pendekatan Interaksi

Pendekatan ini menyatakan bahwa perkembangan anak didapatkan dari kombinasi antara lingkungan dan kredibilitas. Yang perlu diperhatikan:

::  Aspek administrasi: pusat pembelajaran anak lebih dibatasi daripada pendekatan proses pematangan akan tetapi setiap anak dapat berinteraksi antara pusat pembelajaran satu dan lainnya.

::  Aspek pendidikan: rancangan kegiatan pembelajaran disusun secara holistik untuk memenuhi tumbuh kembang anak usia dini melalui bermain atau belajar.

::  Aspek evaluasi program: indikator keberhasilan program ditandai dengan kemajuan tumbuh kembang secara fisik (tinggi badan, berat badan), logika matematika, pembagian waktu, dan cara bersosialisasi dengan anak lain.

Tulisan ini adalah bagian dari ruang lingkup manajemen PAUD, silahkan lihat indeks Manajemen PAUD disini.

Aktivitas Dalam Manajemen Kurikulum PAUD

Serangkaian kegiatan yang biasa dilakukan sekolah dalam manajemen kurikulum PAUD meliputi hal-hal berikut ini:

a.    Melakukan Perencanaan Kurikulum

Pada kegiatan ini biasanya diadakan rapat yang dihadiri oleh semua pendidik / guru dan kepala sekolah, dilanjutkan dengan pembuatan rencana kurikulum yang meliputi RPPM, RPPH.

b.    Melakukan Pengorganisasian Kurikulum

Semua hal yang berkaitan dengan pengorganisasian (misalnya pembagian tugas mengajar, pembagian jadwal pelajaran, pembagian tanggungjawab, dan struktur organisasi) terdokumentasi dengan baik.

c.     Melakukan Pelaksanaan Kurikulum

Pelaksanaan kurikulum pasti dilakukan melalui belajar dan bermain baik di dalam maupun di luar ruangan. Dukungan APE akan membuat anak usia dini terbantu dalam mengembangkan aspek perkembangan yang dimilikinya. Semua dapat dilakukan melalui metode pembelajaran anak usia dini.

d.    Mengadakan Pengawasan dan Evaluasi Kurikulum

Sekolah PAUD perlu menetapkan standar (alat ukur) yang akan menjadi pengawas kurikulum, selanjutnya melakukan penilaian, dan melakukan perbaikan untuk pengembangan kurikulum pada masa mendatang. Yang juga perlu dievaluasi adalah pendidik dan peserta didik, bagaimana tanggapan atau hasil yang dicapai oleh keduanya selama implementasi kurikulum paud.