APE Pengenal Angka Puzzle Siput APE Menarik

Posted on 3,152 views

Salah satu APE pengenal angka berbentuk puzzle siput APE menarik ini dapat mengenalkan simbol angka kepada anak usia dini baik untuk layanan TK maupun KB.

Ayah bunda pasti pernah mendengar istilah homoludens yaitu suatu istilah yang menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk bermain. Sebagai makhluk bermain dapat tercermin dari perilaku manusia sejak lahir sampai akhir hayatnya.

ape kartu angka bentuk puzzle siput ape mengenal angka ape pengenal angka

APE Pengenal Angka Puzzle Siput APE Menarik

Pada usia dini anak suka bermain, setelah dewasa pun masih suka bermain. Manusia sangat sulit meninggalkan sesuatu yang bernama permainan. Agar permainan yang dimainkan memuat unsur pembelajaran, maka dikenalkanlah alat permainan edukatif bagi anak usia dini salah satunya adalah bentuk puzzle siput yang berguna untuk mengenalkan konsep angka sejak anak masih kecil.

Bahan Membuat APE Siput Pengenal Angka

APE Pengenal angka berbentuk siput ini sangat menarik karena terdiri dari berbagai warna. Ayah bunda dapat membuat APE Siput dari bahan yang aman dan ringan misalnya dari gabus atau sterefoam. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut :

  1. Kardus persegi panjang ukuran 27×22 cm
  2. Gabus atau bahan karet ketebalan 1.6 cm (jika tidak ada boleh ditumpuk dan dilem agar menjadi tebal)
  3. Cat (terdiri 5 warna misalnya biru, kuning, orange, merah, hijau)
  4. Kuas untuk mengecat
  5. Spidol
  6. Lem
  7. Cutter
  8. Gunting

ape angka bentuk puzzle ape angka pengenal ekspor contoh ape mengenalkan angka pengenalan angka kepada anak melalui alat main

Cara Membuat APE Pengenal Angka Berbentuk Siput

Bagaimana cara membuat APE Puzzle angka yang satu ini buatlah dengan cara ayah bunda sendiri, sebagai gambaran kami berikan langkah-langkah pembuatan sebagai berikut (yang penting hasil akhirnya mendekati seperti gambar di atas) :

  1. Pertama gambarlah sebuah siput pada gabus, lalu potongalah bagian luar siput (outline nya saja yang dipotong)
  2. Cetaklah outline siput di atas kertas kardus yang sudah diberi warna, lalu outline siput kita tarik garis menggunakan spidol
  3. Potonglah siput gabus mengikuti pola potongan puzzle sebagaimana gambar di atas
  4. Cetaklah setiap bagian puzzle di atas kardus sehingga nantinya anak akan mudah mencocokkan pola puzzle sampai terbentuk siput.
  5. Untuk lebih memudahkan anak menata puzzle siput ke dalam cetakan pola di atas kardus, setiap gabus pola puzzle kita berikan warna lalu kita tuliskan angka.
  6. Potonglah kardus agar tidak persegi pangjang sehingga bentuknya menjadi mengikuti pola siput (lihat gambar)

Manfaat APE Pengenal Angka Puzzle Siput

Ada beberapa manfaat atau kegunaan APE pengenal angka puzzle siput yang menarik ini antara lain adalah :

  • Untuk mengenalkan simbol angka 1 sampai 10 kepada anak usia dini
  • Melatih daya pikir anak sejak dini
  • Belajar mengenal warna
  • Melatih kemampuan problem solving (penyelesaian masalah)

Menarik bukan ayah bunda? APE tidak harus membeli tergantung kreatifitas ayah bunda. Meskipun alat main anak ini bentuknya sederhana tetapi nilai edukasi yang dihasilkan luar biasa! Nantikan APE PAUD Jateng berikutnya