Download Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2016



Download Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2016 –Penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK sangat mendukung program peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang muaranya adalah peningkatan kualitas pendidikan.

Agar guru terus dapat menjaga kualitas dan mutu pembelajaran di sekolah, maka guru harus terus mengkaji, membuat inovasi dan melakukan perubahan-perubahan dalam peroses pembalajaran di kelas. Salah satu upaya dari sekian banyak alternatif pemecahan masalah yang dapat dilakukan guru adalah dengan melakukan penelitian yang berkenaan dengan pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.

Hal ini, karena dalam proses pembelajaran, guru adalah teoretisi dan praktisi yang sangat menentukan. Peningkatan kualitas pembelajaran, merupakan tuntutan logis dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang semakin pesat.

penelitian tindakan kelas paud penelitian tindakan kelas paud pdf penelitian tindakan kelas paud kognitif penelitian tindakan kelas paud bahasa penelitian tindakan kelas paud ut penelitian tindakan kelas paud tentang bahasa penelitian tindakan kelas paud motorik kasar penelitian tindakan kelas paud 2010 penelitian tindakan kelas paud/tk penelitian tindakan kelas paud 2013 judul penelitian tindakan kelas paud

Perkembangan pembelajaran Ipteks secara mengisyaratkan penyesuaian berkesinambungan, dan peningkatan sehingga berdampak positif proses terhadap peningkatan kualitas lulusan dan keberadaan sekolah tempat guru itu mengajar.



Penyelenggaraan PTK memberikan pengalaman berharga bagi guru dalam upaya memperbaiki dalam skala yang lebih makro, pengalaman guru akan mempunyai dampak externality bagi perumusan kebijakan.

Hal ini terutama jika PTK yang dilakukan oleh guru dapat dipusatkan pada suatu tema kebijakan tertentu. Hasil PTK yang dilakukan merupakan bukti empiris jika pelaksanaannya dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian sosial secara benar dan konsisten.

PTK merupakan proses sistematik, terukur, dan objektif yang memerlukan kemampuan dan keterampilan intelektual. Pada saat proses penelitian, maka peneliti dituntut berpikir kritis yaitu mulai menentukan masalah, perencanaan tindakan baik yang bersifat teoritik maupun praktis, kemudian dijabarkan dalam tindakan-tindakan.

Sistematis artinya, setiap fenomena mempunyai keterkaitan dengan fenomena lain. Terukur artinya setiap hasil penelitian dijelaskan dengan indikator maupun ukuran tertentu. Obyektif artinya, berdasarkan pada keadaan sesungguhnya dan tanpa intervensi subyektivitas penulis.

Download Panduan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2016

Agar pelaksanaan program ditahun 2016 ini berjalan dengan baik dan menjadi dasar rujukan bagi semua pihak terkait dalam pelaksanaan sehingga pelaksana maupun pengambil kebijakan, maka disusunlah buku panduan pelaksanaan program bantuan PTK bagi guru-guru.