Metode Pra Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini (PAUD)



Metode Pra Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini (PAUD) –Perlu ditegaskan disini bahwa ajaran “baca tulis hitung” calistung tidak boleh dipaksakan untuk anak usia dini (PAUD) kecuali si anak memang sudah siap untuk menerima materi baca tulis.

Apa sih tanda anak siap membaca? Anak usia dini pada umumnya akan meminta untuk belajar lebih banyak dengan sendirinya (anak banyak bertanya karena rasa ingin tahunya). Sementara untuk patokan umur, fase membaca yang paling penting adalah antara usia 5-9 tahun.

Data terbaru menunjukkan bahwa masih banyak orang tua Indonesia yang belum mengerti tentang perkembangan otak anak usia dini sehingga mengakibatkan para orang tua salah asuh dan para guru yang tidak tahu akan salah dalam mendidik.

Perlu diketahui bahwa periode anak usia dini merupakan masa yang peka untuk semua perkembangan anak.



Pengalaman positif pada periode ini akana membuahkan perkembangan yang lebih baik terhadap kemampuan belajar di masa berikutnya.

Pengalaman terpaksa belajar membaca yang kurang bermakna akan menghasilkan pengalaman negatif dan berpengaruh di kemudian hari.

Metode Pra Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini (PAUD) keaksaraan pada anak usia dini pengertian keaksaraan anak usia dini perkembangan keaksaraan anak usia dini keaksaraan untuk anak usia dini pengertian keaksaraan pada anak usia dini kemampuan keaksaraan anak usia dini metode keaksaraan untuk anak usia dini

Metode Pra Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini (PAUD)

Pembelajaran pra keaksaraan harus diupayakan dengan cara menstimulasi, membimbing, mengasuh, dan memberikan bermain yang bermakna, aman, nyaman dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan anak, sehingga anak mampu :

  1. Berbicara secara positif dan akurat berdasarkan kosakata yang didengarnya;
  2. Menyampaikan dan menceritakan dongeng atau bacaan yang didengarnya;
  3. Memperoleh pengalaman, cara mengatasi emosi, seperti rasa takut, cemburu, marah atau meluapkan kegembiraan yang sehat dari dongeng atau bacaan yang didengarnya;
  4. Meniru/mengekspresikan karakter tokoh-tokoh baik dan menghindar dari karakter negatif;
  5. Mendengarkan, mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan bahasa yang baik.

Tips Dalam Mendidik Pra Keaksaraan Untuk Anak PAUD

Dalam mengajarkan pra keaksaraan anak usia dini, ada beberapa hal yang harus dilakukan dan ditinggalkan antara lain sebagai berikut :

LAKUKAN HAL INI

  1. Menumbuhkan lebih banyak penguasaan kosakata
  2. Mendongeng
  3. Membacakan buku imajinatif dan kreatif
  4. Jelajah kekayaan bahasa
  5. Menyiapkan lingkungan beraksara

TINGGALKAN HAL INI

  1. Mengajarkan membaca tidak sesuai dengan perkembangan anak
  2. Memaksakan anak belajar bunyu tanpa makna
  3. Memaksakan anak mengajarkan menulis dan berhitung tanpa makna
  4. Memberikan lembaran kerja berlebihan
  5. Menganjurkan orang tua agar ikut “kursus membaca”
Dari beberapa poin yang harus dilakukan dan ditinggalkan di atas diharapkan anak akan mampu dalam beberapa hal berikut :
  1. Amal mampun mendengar, mengajukan dan menjawab pertanyaan;
  2. Anak mampu meniru/ mengekspresikan karakter;
  3. Anak mampu berbicara lebih akurat;
  4. Anak mampu menyampaikan dan menceritakan pengalaman;
  5. Anak mampu mengatasi emosi