Download Contoh Instrumen Apresiasi Gugus PAUD 2016



Download instrumen penilaian lomba gugus paud 2016 dalam Contoh Instrumen Apresiasi Gugus PAUD 2016 –Salah satu strategi peningkatan mutu pendidik PAUD yang telah diberlakukan selama ini adalah melalui pengembangan Gugus PAUD. Gugus PAUD adalah kumpulan 3 – 8 lembaga PAUD yang berdomisili dalam area terdekat.

Upaya peningkatan mutu pendidik PAUD menjadikan Gugus sebagai pintu masuk pertama yang strategis. Secara umum Gugus PAUD bertujuan untuk meningkatkan kinerja Pembina pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengelola program PAUD secara professional yang efisien dan efektif.

Tujuan khusus Gugus PAUD menjadikan wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam hal : pengembangan dan inovasi pembelajaran PAUD; peningkatan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan mutu layanan anak usia dini sesuai dengan tahap perkembangannya; optimalisasi sumber belajar, sarana/ prasarana dan potensi lingkungan untuk peningkatan, pengembangan dan eksistensi anggota Gugus PAUD; peningkatan komunikasi yang efektif dan efisien antar anggota komunitas gugus dengan orang tua dan masyarakat; dan fasilitasi terhadap akses fasilitas sumbersumber pembelajaran dari lingkungan dan pemerintah.

instrumen lomba gugus paud instrumen penilaian gugus paud instrumen lomba gugus paud 2014 instrumen penilaian lomba gugus paud instrumen penilaian lomba gugus paud 2016 instrumen penilaian lomba gugus paud 2015 instrumen penilaian lomba gugus paud 2017

Gugus PAUD yang awalnya adalah Gugus TK mulai dibentuk tahun 2011 sampai sekarang perkembangannya sangat terlihat jelas. Diharapkan program Gugus PAUD akan bisa dikembangkan hingga ke 6.563 kecamatan di seluruh Indonesia.



Gugus PAUD ini berfungsi sebagai wadah berkumpulnya para pendidik pada level bawah dan paling memungkinkan bagi para pendidik untuk dapat berinteraksi dan berdiskusi secara cepat dalam mencari solusi terhadap permasalahan keseharian yang dihadapi di lembaga PAUD. Selain itu gugus dapat ditingkatkan peran dan fungsinya sebagai wahana pembinaan profesi bagi pendidik dan pengelola lembaga PAUD oleh unsur dan instansi terkait.

Download Contoh Instrumen Apresiasi Gugus PAUD 2016

Guna meningkatkan peran dan fungsi Gugus PAUD perlu dilakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan secara rutin dan insidental oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, atau Direktorat Pembinaan PAUD. Komponen yang dievaluasi diantaranya : program, keanggotaan, dan kemitraan Gugus. Hasil evaluasi ini dapat dijadikan bahan untuk melakukan pembinaan selanjutnya.

Bagi pemangku bebijakan PAUD yang mengurusi Gugus PAUD dapat download format instrumen apresiasi gugus PAUD 2016 excel melalui link tautan berikut ini (Yang disediakan adalah tingkat Provinsi, untuk kabupaten kota tinggal mengganti saja) :

Pembinaan Gugus PAUD diharapkan dapat meningkatkan dan memperkuat mutu serta eksistensi pendidik PAUD yang akhirnya berdampak positif terhadap peningkatan layanan PAUD yang lebih baik dan berkualitas. Salah satu bentuk pembinaan Gugus PAUD adalah memberikan penghargaan kepada masyarakat, pendidik/ pengelola PAUD dengan menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Gugus PAUD Berprestasi Tingkat Nasional.