Pengertian Kurikulum 2013 PAUD (Berdasar K-13 PAUD)



Pengertian Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Kurikulum Berdasar K-13 PAUD) –Merujuk pada pengertian kurikulum sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa “Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu”, berarti sangatlah penting bila pengalaman belajar bermakna dan berkualitas untuk anak usia dini direncanakan, diterapkan secara saksama dan komprehensif agar mencapai tujuan yang diharapkan.

Pengertian Kurikulum 2013 PAUD (Berdasar K-13 PAUD)

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Kurikulum sebagai kerangka kerja (framework) yang berisi rencana dan implementasi sebuah program untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak dalam menyiapkan anak mencapai keberhasilan di sekolah dan tahap selanjutnya. Kurikulum memberikan pengalaman belajar yang bermakna, menarik, dan berkualitas tinggi.

PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini.



pengertian kurikulum pengertian kurikulum 2013 pengertian kurikulum menurut para ahli pengertian kurikulum nasional pengertian kurikulum ktsp pengertian kurikulum 2013 pdf pengertian kurikulum berbasis kompetensi pengertian kurikulum 13 pengertian kurikulum k13 pengertian kurikulum pdf pengertian kurikulum pendidikan islam pengertian kurikulum pai pengertian kurikulum secara umum pengertian kurikulum dan pembelajaran pengertian kurikulum pendidikan karakter pengertian kurikulum 2006 pengertian kurikulum secara etimologi pengertian kurikulum paud pengertian kurikulum 1994 pengertian kurikulum menurut beberapa ahli pengertian kurikulum kkni pengertian kurikulum akta pendidikan 1996 pengertian kurikulum adalah pengertian kurikulum akademik pengertian kurikulum aktual pengertian kurikulum anak usia dini pengertian kurikulum akademis pengertian kurikulum adaptif pengertian kurikulum aud pengertian kurikulum analisis pengertian administrasi kurikulum pengertian asas kurikulum pengertian kurikulum pendidikan agama kristen pengertian kurikulum menurut ahli pendidikan pengertian kurikulum menurut ahli indonesia pengertian kurikulum pendidikan agama pengertian pengembangan kurikulum adalah definisi analisis kurikulum definisi administrasi kurikulum pengertian kurikulum menurut para ahli indonesia pengertian penilaian autentik kurikulum 2013

Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik-integratif agar di masa emas perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh, untuk mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.

Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut melalui program pendidikan yang terstruktur. Komponen untuk pendidikan yang terstruktur adalah kurikulum.

Kurikulum memandu guru untuk memenuhi seluruharea belajar yang digunakan anak dengan memakai pendekatan pembelajaran yang tepat, strategi penataan lingkungan yang sesuai untuk mendukung berkembangnya kualitas kemampuan anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

Guru harus memiliki visi yang kuat tentang apa yang ingin dikembangkan pada anak, pengetahuan dan keterampilan yang dapat dipelajari anak, dan sikap yang akan ditanamkan pada anak.

Tujuan Kurikulum PAUD

Kurikulum PAUD memuat tujuan, hasil belajar, proses, konten yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak untuk membangun pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk mendukung kesiapan anak belajar di jenjang pendidikan yang lebih lanjut.

Kurikulum PAUD memberi arah pada proses stimulasi yang dilaksanakan secara cermat, hati-hati, sesuai dengan karakteristik anak dan dinilai secara komprehensif dari data yang otentik. Proses stimulasi yang tidak direncanakan tidak akan mampu mencapai tujuan yang diharapkan. Oleh karena itu, penting bagi setiap satuan pendidikan anak usia dini memiliki dan mengembangkan kurikulum di tingkat satuan pendidikan (KTSP).