Bagaimana Cara Memahami Muatan Kurikulum PAUD 2013 ?



Bagaimana Cara Memahami Muatan Kurikulum PAUD 2013 ? Pengertian Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama belajar.

Bagaimana Cara Memahami Muatan Kurikulum PAUD 2013 ?

Muatan kurikulum berisi program-program pengembangan, yang terdiri atas: (1) program pengembangan nilai agama dan moral, (2) program pengembangan fisik motorik, (3) program pengembangan kognitif, (4) program pengembangan bahasa, (5) program pengembangan sosial-emosional, dan (6) program pengembangan seni.

Program pengembangan dimaksud adalahperwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku, kematangan berpikir, kinestetik, bahasa, sosial emosional, dan bahasa melalui kegiatan bermain. Suasana belajar diartikan segala sesuatu yang dapat mendorong minat anak untuk belajar.

Anak dapat belajar dengan baik apabila:

  1. Orang-orang yang ada disekitarnya menyenangkan. yang ramah, memperlakukan semua anak secara adil teman bermain yang saling menerima, serta komunikasi yang hangat, terbuka, santun, dan terjadi dalam dua arah.
  2. Lingkungannya menyenangkan. Tersedia alat main memadai, bersih, tertata dengan tepat sesuai dengan pertumbuhan fisik anak, dan dapat digunakan olehk sesuai dengan pikirannya. Luas tempat di dalam dan di luar cukup untuk anak dapat melakukan kegiatann nyaman adalah pijakan lingkungan yang sangat mendukung kebebasan anak berkreasi.
  3. Proses pembelajaran yang mendukung kebebasan berpikir, tanpa tekanan, sedikit instruksi dan pembatasan dari. Guru memberi respons yang tepat saat anak bertanya, memberikan penguatan di saat anak menemukan / berhasil melakukan sesuatu, memberikan bantuan saat anak memerlukan.
muatan kurikulum 2013 paud muatan kurikulum 2013 tk kb tpa muatan kurikulum 2013 untuk PUAUD muatan kurikulum 2013 untuk tk kb tpa muatan kurikulum 2013 pdf muatan kurikulum 2013 dinas pendidikan muatan kurikulum 2013 tingkat anak usia dini muatan kurikulum 2013 anak usia dini muatan kurikulum 2013 paud muatan kurikulum 2013 untuk tk struktur muatan kurikulum 2013 paud muatan lokal kurikulum 2013 paud struktur muatan kurikulum 2013 paud muatan jam kurikulum 2013 paud muatan pembelajaran kurikulum 2013 muatan lokal kurikulum 2013 paud muatan lokal dalam kurikulum 2013 muatan lokal pada kurikulum 2013 paud muatan mata pelajaran kurikulum 2013 struktur dan muatan kurikulum 2013 paud

Terkait dengan pemaparan tersebut di atas kami sampaikan pokok-pokok sebagai berikut:



  1. Program pengembangan nilai agama berarti ada guru yang menjadi teladan bagi pengembangan perilaku yang bersumber dari nilai agama dan moral. Ditunjang dengan lingkungan belajar yang mencerminkan penerapan nilai agama dan moral serta nilai-nilai lain yang berkembang dalam masyarakat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
  2. Program pengembangan fisik-motorik berarti ada guru yang mengerti kebutuhan dan memberikan kesempatan serta dukungan kepada anak untuk bergerak, berlatih motorik kasar dan halus, serta membiasakan menerapkan hidup sehat. Tersedia tempat alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih kekuatan, kecakapan, kelenturan, koordinasi tubuhnya untuk mencapai kematangan kinestetik dan pembiasaan hidup sehat. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
  3. Program pengembangan kognitif berarti ada guru yang mengerti konsep pengetahuan mendasar yang dapat dipelajari anak, memahami cara anak belajar, mendukung anak untuk mencari tahu, dan melakukan/mencoba untuk mencari jawaban dari keingintahuannya. Mengoptimalkan setiap ruang, alat, bahan dan kejadian yang ada di lingkungan untuk mendorong kematangan proses berpikir anak.Dilaksanakan dalam proses belajar saintifik yang mendorong anak menjadi kritis, analitis, evaluasi dalam setiap tindakan utuk menghasilkan cara mengatasi permasalahannya atau berkreasi.
  4. Program pengembangan bahasa berarti ada guru yang menguasai teknik berkomunikasi yang tepat untuk membantu mencapai kematangan bahasa ekspresif dan reseptif. Tersedia tempat sumber, alat dan waktu yang dapat digunakan anak untuk berlatih berbahasa dan mengenal keaksaraan awal. Dilaksanakan dalam proses belajar yang menyenangkan.
  5. Program pengembangan sosial-emosional berarti ada guru yang memahami tahapan perkembangansosial emosional anak, endukung berkembangnya kesadaran mengenal erasaan diri, perasaan orang lain, menjadi contoh erperilaku prososial bagianak. Terciptanya lingkungan belajar yang membuat anak dapat tumbuh kematangan sosial emosional melalui proses belajar yang menyenangkan dengan dukungan pendidik yang memahami pengelolaan belajar dan pengelolaan onflik emosional anak.
  6. Program pengembangan seni berarti ada guru yang memahami pengembangan seni bagi anak, memberi kesempatan, menyediakan tempat, waktu dan alat yang dapat digunakan anak untuk berekplorasi, berekspresi dan mengapresiasi hasil karya dirinya dan orang lain baik dalam bentuk gerakan, musik, drama, dan beragam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan dalam suasana yang menyenangkan.