Cara Memahami Indikator Perkembangan dalam K-13 PAUD



Cara Memahami Indikator Perkembangan dalam K-13 PAUD –Bagaimana Memahami Indikator Perkembangan Anak Usia Dini dalam Kurikulum 2013 PAUD?

Apakah Indikator Perkembangan PAUD itu?

Indikator perkembangan adalah merupakan penanda kemampuan yang dicapai anak pada usia tertentu. Untuk mempertegas kedudukan indikator, maka indikator perkembangan harus dipahami sebagai berikut:

  1. Indikator perkembangan merupakan kontinum perkembangan peserta didik PAUD dari usia lahir sampai 6 tahun dan dijabarkan berdasarkan kelompok usia.
  2. Indikator perkembangan yang dirumuskan berdasarkan kompetensi dasar oleh setiap satuan PAUD merupakan hasil rumusan dari indikator perkembangan yang bersumber dari Permendikbud 146 dan Tingkat pencapaian perkembangan yang terdapat dalam Permendikbud 137.
  3. Indikator perkembangan untuk KD pada KI 3 dan KI 4 menjadi satu untuk memberikan pemahaman bahwa pengetahuan dan keterampilan merupakan dua hal yang menyatu.
  4. Indikator pencapaian perkembangan dikembangkan berdasarkan kelompok usia:
    1. Lahir sampai usia 3 (tiga) bulan;
    2. Usia 3 (tiga) bulan sampai usia 6 (enam) bulan;
    3. Usia 6 (enam) bulan sampai usia 9 (sembilan) bulan;
    4. Usia 9 (sembilan) bulan sampai usia 12 (dua belas) bulan;
    5. Usia 12 (dua belas) bulan sampai usia 18 (delapan belas) bulan;
    6. Usia 18 (delapan belas) bulan sampai usia 2 (dua) tahun;
    7. Usia 2 (dua) tahun sampai usia 3 (tiga) tahun;
    8. Usia 3 (tiga) tahun sampai usia 4 (empat) tahun;
    9. Usia 4 (empat) tahun sampai usia 5 (lima) tahun; dan 
    10. Usia 5 (lima) tahun sampai usia 6 (enam) tahun.
indikator perkembangan anak indikator perkembangan anak usia dini indikator perkembangan anak usia 5-6 tahun indikator perkembangan anak usia 4-5 tahun indikator perkembangan anak usia 3-4 tahun indikator perkembangan anak usia 1-2 tahun indikator perkembangan anak usia 3 tahun indikator perkembangan anak 2 tahun indikator perkembangan anak diknas indikator perkembangan anak usia 2 tahun indikator perkembangan anak usia sekolah indikator perkembangan anak usia 2-3 tahun indikator perkembangan anak 2-3 tahun indikator perkembangan anak sd indikator perkembangan anak remaja indikator perkembangan sosial anak usia dini indikator perkembangan bahasa anak checklist indikator perkembangan anak indikator pencapaian perkembangan anak usia dini indikator perkembangan moral anak indikator perkembangan sosial anak
REKOMENDASI
Apa saja tingkat pencapaian anak usia dini yang harus diketahui orang tua berdasar kelompok usia anak di atas? Lihat jawabannya KLIK DISINI

Apakah fungsi Indikator perkembangan dalam K-13 PAUD itu?

Agar lebih tepat dalam memaknai dan menggunakan indikator perkembangan, maka fungsi indikator hendaklah dipahami dengan cermat. Fungsi indikator secara lebih jauh adalah:



  1. Indikator perkembangan menjadi acuan untuk memantau/ menilai perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya.
  2. Indikator perkembangan tidak dibuat untuk menjadi kegiatan pembelajaran, tetapi menjadi panduan yang digunakan pendidik dan/ atau pengasuh dalam melakukan stimulasi dan observasi kemajuan perkembangan peserta didik.
  3. Indikator juga dapat:
    1. memberi inspirasi dalam mengembangkan materi pembelajaran 
    2. memberi inspirasi dalam mendesain kegiatan pembelajaran memberi inspirasi dalam mengembangkan bahan ajar

Rumusan Indikator Perkembangan

Rumusan dan rincian indikator perkembangan anak terdapat di Pedoman Penilaian.