Kaitan Hubungan KI + KD + Indikator Perkembangan PAUD



Untuk apa sih KI, KD, dan Indikator PAUD? Hubungan Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator Perkembangan PAUD–Bagaimanakah Keterkaitan/Hubungan antara Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Perkembangan anak usia dini? Yuk kita lihat penjelasan berikut ini:

Kaitan/ Hubungan KI + KD + Indikator Perkembangan PAUD

Para guru PAUD hendaklah memahami Keterkaitan dan Hubungan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Perkembangan. Hal-hal yang harus dipahami guru meliputi:

  1. Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi Kompetensi Dasar.
  2. Kompetensi Inti merupakan pengikat Kompetensi Dasar.
  3. Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (KI-1), sikap sosial (KI-2), pengetahuan (KI-3) dan penerapan pengetahuan/keterampilan (KI-4).
  4. Keempat kelompok KI tersebut menjadi acuan dalam pengembangan Kompetensi Dasar.
  5. Indikator perkembangan dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD).
  6. Indikator perkembangan merupakan kontinum perkembangan dan belajar peserta didik PAUD pada usia lahir sampai dengan 6 tahun dan dijabarkan berdasarkan kelompok usia.
  7. Indikator perkembangan untuk KD pada KI-3 dan KI-4 menjadi satu untuk memberikan pemahaman bahwa pengetahuan dan keterampilan merupakan dua hal yang menyatu.
Bagaimanakah Keterkaitan/Hubungan antara Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Perkembangan anak usia dini?

Referensi Tambahan (Penjelas)

Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini adalah mendorong perkembangan peserta didik secara optimal sehingga memberi dasar untuk menjadi manusia Indonesia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.



Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, muatan pembelajaran, program pengembangan, dan beban belajar. Baca lebih lanjut tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAUD Kurikulum 2013 KLIK DISINI.