Peranan Guru PAUD Dalam Pengembangan Kurikulum



Peranan Guru PAUD Dalam Pengembangan Kurikulum. Seorang guru atau pendidik PAUD memiliki peranan yang selalu berubah dan tidak tetap dalam pengembangan kurikulum PAUD.

Perubahan peran guru dalam mengembangkan kurikulum PAUD dalam membuat program pendidikan untuk mengembangkan kemampuan anak, guru harus mengakui, menghargai perbedaan anak dan melibatkan orang tua dalam pembuatan kurikulum.

Isi kurikulum tersebut menrupakan sebuah dinamika yang berpusat pada anak dan memperhatikan populasi yang beragam pada setiap kelas.

Peranan Guru PAUD Dalam Pengembangan Kurikulum

1. Peran dari guru dalam pengembangan kurikulum bagi populasi yang beragam

Di sebuah PAUD walaupun anak memilki keragaman di berbagai segi namun kurikulum yang digunakan tetap sama. Walaupun begitu kurikulum yang dibuat tidak mengabaikan tahap perkembangan masing-masing anak.



2. Pendekatan Kurikulum Multikultural

Penekanan dalam kurikulum multikultural dalam program PAUD adalah pengakuan pada keragaman anak, yakni perbedaan budaya belajar di dunia dan sosial studi kurikulum. Dalam kurikulum multikultural lebih menspesifikkan tentang kebutuhan perkembangan anak.

Peranan Guru PAUD Dalam Pengembangan Kurikulum peranan guru paud dalam pengembangan kurikulum

3. Kurikulum bagi anak yang berasal dari beragam lingkungan keluarga

Anak yang masuk PAUD berasal lingkungan keluarga yang beragam. Ada anak yang berasal dari kelurga yang penuh dengan kasih saying dan ada juga yang sebaliknya. Hal tersebut biasanya dipengarhi oleh struktur sosial-ekonomi. Jadi guru hendakla h bisa membuat program yang biak dan sesuai dengan mereka.

4. Kurikulum bagi anak berkebutuhan khusus

Anak yang berkebutuhan khusus hendaknya diakomodasi dengan kelas khusus tetapi dengan kondisi dan pengalaman belajar yang dapat membantu mempersiapakan anak sesuai dengan kebutuhanya.

Guru membantu anak yang memilki kebutuhan khusus untuk menjadikan anak kuat dan memabantu anak mengekspolari laingkungan secara visual.

5. Peran guru dalam melibatkan orang tua kedalam pengembangan kurikulum

Adanya sinkronisasi antara pengajaran disekolah dengan pengajaran dirumah. Adanya hubungan yang baik antara pihak sekolah dan keluarga dan semua yang berhubungan dengan penyelenggaraannya.

6. Peran guru dalam teori dan realisasi kurikulum

Peran guru dalam menangani masalah anatara teori dan priktik dlam kurikulum Program paud itu kompleks, bukan hanya merencanakan tetapi guru harus memahami esensi dari kurikulum yang dibuat. Guru memprediksi masalah-masalah yang mungkoin timbul dalam pembelajaran dan berupaya menyelesaikannya.