Pengertian Tema PAUD dan Mengapa Menggunakan Tema PAUD



Pengertian Tema PAUD dan Alasan Mengapa Menggunakan Tema PAUD. Pengertian Tema adalah topik yang menjadi payung untuk mengintegrasikan seluruh konsep dan muatan pembelajaran melalui kegiatan main dalam mencapai kompetensi dan tingkat perkembangan yang diharapkan.

Pengertian Tema Dalam Pembelajaran PAUD

Di atas sudah disebutkan pengertian tema, dan pembelajaran PAUD yang menggunakan tema disebut pembelajaran tematik.

Jadi pengertian Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa muatan pembelajaran dalam mencapai kompetensi dasar (KD) dan tingkat perkembagan yang diharapkan. Pelaksanaan tema dan sub tema dapat dilakukan dalam kegiatan pengembangan melalui bermain dan pembiasaan.

Tema bukan merupakan tujuan pembelajaran melainkan sarana untuk mengintegrasikan keseluruhan sikap dalam pengetahuan dan keterampilan yang ingin dibangun.



Pengembangan tema merupakan bagian penting yang harus dikuasai guru dalam proses pembelajaran. Pengembangan tema yang baik dapat menambah kosa kata, mengembangkan pengetahuan, meningkatkan pemahaman, dan meningkatkan keterampilan anak tentang tema tersebut.

Tema  dapat  memfokuskan  perhatian  anak  sehingga  memudahkan terwujudnya sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Jika guru memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan tema maka proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna bagi anak.

tema paud tema paud lingkunganku tema paud 2015 tema paud kurikulum 2013 tema paud semester satu tema paud terbaru tema paud gejala alam tema paud 2013 tema paud 2012 tema paud diri sendiri tema paud semester dua tema paud dalam 1 tahun tema paud semester ii tema paud air udara api tema paud dalam satu tahun tema paud 2014 tema paud dalam setahun tema paud semester genap tema paud rekreasi tema kurikulum paud tema seminar paud tema paud alam semesta tema paud air tema paud alat komunikasi tema api paud tema anak paud semester 2 rkh paud tema aku

Alasan Mengapa Menggunakan Tema PAUD

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik dipandang sesuai dengan pola kerja otak karena membahas satu tema dari berbagai konsep dan aspek perkembangan.

Penentuan tema sangat terbuka artinya satuan PAUD dapat menentukan tema yang akan digunakan dalam pembelajaran sesuai denga minat anak, situasi dan kondisi lingkungan, serta kesiapan guru mengelola kegiatan.

Penentuan tema tidak sekedar mudah diterapkan tetapi perlu memperhatikan beberapa prinsip agar pembelajaran yang dilaksanakan lebih menarik dan mendalam. Keluasan tema tergantung dari kemampuan guru dalam menguasai tema tersebut.

Hal penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan tema adalah kebermaknaan tema dalam membangun pengalaman belajar yang bermutu bagi anak usia dini. Karenanya dalam menentukan tema menjadi penting bila diawali dengan identifikasi tema dan sekaligus ketertarikan anak terhadap topik tertentu.