Pentingnya Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD



Pentingnya Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. –Pendidik atau Guru PAUD memiliki tantangan yang berat. Pendidik harus bersikap profesional.

Tuntutan ini diminta oleh masyarakat agar dapat melihat keprofesionalan seorang pendidik yang melibatkan peranan pendidik. Selain itu pendidik juga harus  memiliki pengetahuan dan kecakapan di lapangan, dan juga mampu  melakukan advokasi terhadap pendidik PAUD yang lain.

Beberapa  cuplikan dari slogan yang berkaitan dengan pendidik dapat memberikan motivasi agar bisa bekerja dengan profesional:

  1. Mengajar adalah pilihan profesi nomor satu, karena tanpa pendidik tidak akan ada orang penting di dunia ini.
  2. Pendidik biasa memberitahukan, pendidik ulung memperagakan, pendidik hebat mengilhami.
  3. Kita tidak bisa mengajari orang apapun, kita hanya bisa membantu mereka.
  4. Pendidikan bukan persiapan untuk hidup; pendidikan adalah hidup itu sendiri.
  5. Mengajar berarti belajar lagi.
  6. Seorang pendidik berpengaruh selamanya; dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir.
  7. Tujuan mengajar seorang anak adalah untuk membuatnya bisa maju tanpa pendidik.
  8. Setiap murid bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama, atau dengan cara yang sama.
Pentingnya Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD profesionalisme pendidik paud profesionalisme guru paud profesionalisme guru paud ppt makalah profesionalisme guru paud jurnal profesionalisme guru paud artikel profesionalisme guru paud contoh profesionalisme guru paud peningkatan profesionalisme guru paud meningkatkan profesionalisme guru paud pengertian profesionalisme guru paud kumpulan profesionalisme guru paud pentingnya profesionalisme guru paud

Di samping itu, tenaga pendidik yang profesional perlu membangun kecakapan secara individu dan pekerjaan. Antara pekerjaan dan individu yang bersangkutan tidak dapat dipisahkan, karena sama-sama penting.



Seseorang mungkin  memiliki kemampuan (kecakapan) tetapi jika tidak disertai karakter tidak dapat dianggap sebagai seorang yang profesional.

Seseorang yang profesional harus dapat melihat segala sesuatu dengan pandangan yang positif. Sikap positif ketika menghadapi masalah akan menolong seseorang keluar dari permasalahannya, daripada bersikap negatif yang justru dapat menjerumuskan seseorang ke dalam permasalahan yang lebih mendalam.

Seorang yang berpikir positif akan memiliki persepsi bahwa apapun yang terjadi, meskipun seolah-olah buruk, akan mendatangkan kebaikan di masa selanjutnya. Pandidik yang profesional juga sangat menghayato bagaimana ciri-ciri pendidik yang baik sehingga bersikap mencerminkan seorang pendidik yang profesional.