Kedudukan Kurikulum PAUD dengan Kurikulum Jenjang Lainnya



Kedudukan Kurikulum PAUD dengan Kurikulum Jenjang Lainnya. Kedudukan Kurikulum PAUD dengan Kurikulum Jenjang Pendidikan di Atasnya.

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan bagian dari kebijakan pengembangan kurikulum pendidikan nasional, dan memiliki kesinambungan dengan kurikulum 2013 pada jenjang pendidikan di atasnya.

Kurikulum 2013 menetapkan struktur kurikulum yang sama untuk semua jenjang pendidikan tanpa menghilangkan kekhasan program masing-masing. Kebijakan tersebut didasarkan pada pemahaman bahwa pembentukan sumber daya manusia yang handal harus dimulai sejak usia dini secara berkelanjutan hingga jenjang pendidikan tertinggi dalam satu sistem pendidikan. Secara jelas dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Dari gambar di atas kita dapat melihat bahwa Kurikulum 2013 dilaksanakan pada seluruh jenjang pendidikan, sejak dari jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK, termasuk untuk Pendidikan Non Formal. Struktur kurikulum di semua jenjang berisi kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kompetensi inti dan kompetensi dasar mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.



Kurikulum 2013 merupakan kurikulum nasional bersifat terbuka artinya memberi peluang kepada daerah dan satuan pendidikan untuk memperkaya kurikulum sesuai dengan karakteristik daerah atau satuannya.

Provinsi berkewenangan mengembangkan muatan lokal untuk kurikulum pendidikan menengah. Kabupaten/kota berkewenangan mengembangkan muatan lokal untuk kurikulum SD dan SMP, sedangkan satuan pendidikan termasuk satuan PAUD mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Kekhasan kurikulum di tiap jenjang terdapat pada konten. Konten kurikulum PAUD dikenalkan untuk membangun pengalaman belajar, tidak menitikberatkan pada pencapaian kemampuan akademik yang harus dikuasi anak. Keberhasilan kurikulum PAUD ditandai dengan pencapaian kematangan tahap perkembangan sesuai dengan kelompok usia anak tanpa label pintar – tidak pintar, atau lulus – tidak lulus.

Kurikulum memandu pendidik dan tenaga kependidikan dalam memfasilitasi program pendidikan berkualitas yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Kurikulum PAUD harus mampu memberikan kontribusi kepada anak untuk berkembang seluruh potensinya sehingga memiliki kemampuan yang berharga dalam mencapai keberhasilan di jenjang pendidikan berikutnya.

Kurikulum menjadi panduan dalam penyiapan sumber daya manusia berkualitas di masa datang yang dapat mengisi kebutuhan tenaga terdidik yang terampil sesuai dengan perkembangan pengetahuan, teknologi, dan pembangunan.

Kurikulum bukanlah program yang bersifat statis, berlaku sepanjang waktu. Perubahan kurikulum dimungkinkan dengan didasarkan pada kepentingan besar yang ingin dicapai oleh suatu bangsa.