Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013



Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013. Pengertian evaluasi dan penilaian PAUD adalah proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak. Penilaian kegiatan belajar di PAUD menggunakan pendekatan penilaian autentik.

Penilaian autentik merupakan penilaian proses dan hasil belajar untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan fakta yang sesungguhnya. Penilaian dilakukan secara sistematis, terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh yang mencakup pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Mengapa perlu dilakukan penilaian PAUD?

Dalam keseharian guru bekerja bersama anak. Selain guru memfasilitasi anak, guru juga melakukan pengamatan. Guru mengamati hal-hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak.

Harapannya, bahwa setelah guru mengetahui tiga hal tersebut, guru dapat merancang program pengembangan pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan, dan kebutuhan anak. Program pengembangan pembelajaran yang disusun dan direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak yang kompeten. Anak yang semakin tahu, semakin bisa, dan semakin memiliki kebiasaan yang baik.



Berbagai informasi tentang kemajuan anak ini merupakan hasil belajar yang perlu disampaikan pada orang tua. Dengan diperolehnya berbagai informasi tentang anak, orang tua dan guru memperoleh gambaran capaian hasil belajar anak. Capaian ini diukur berdasarkan standar PAUD yang telah ditetapkan secara nasional, yang tertulis di dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang Standar PAUD dan 146 tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD.

Harapannya, guru dan orang tua dapat bekerja sama dalam meningkatkan kemampuan-kemampuan yang belum dicapai anak sehingga tumbuh kembang anak berlangsung secara optimal.

alat penilaian paud model penilaian paud penilaian pada paud penilaian portofolio paud buku penilaian paud pelaksanaan penilaian paud penilaian narasi paud materi penilaian paud penilaian pembelajaran di paud penilaian dalam kurikulum paud penilaian lomba gugus paud penilaian peserta didik paud format penilaian paud pedoman penilaian paud penilaian di paud teknik penilaian paud instrumen penilaian paud contoh penilaian paud prinsip penilaian paud contoh penilaian anekdot paud pedoman penilaian anak paud cara penilaian anak paud lembar penilaian anak paud instrumen penilaian anak paud penilaian pada anak paud penilaian observasi anak paud contoh format penilaian anak paud penilaian hasil belajar anak paud penilaian anak paud penilaian anekdot paud penilaian untuk anak paud format penilaian anak paud penilaian perkembangan anak paud tabel penilaian anak paud laporan penilaian anak paud aspek penilaian paud analisis penilaian paud contoh instrumen penilaian anak paud penilaian buku paud kriteria penilaian bunda paud penilaian hasil belajar paud bentuk penilaian paud penilaian bunda paud cara penilaian paud penilaian checklist paud penilaian dalam paud jenis penilaian di paud aspek penilaian di paud tujuan penilaian di paud fungsi penilaian di paud contoh instrumen penilaian di paud cara penilaian di paud instrumen penilaian di paud teknik penilaian di paud alat penilaian di paud format penilaian di paud penilaian bk di paud metode penilaian di paud penilaian pembelajaran dalam paud pedoman penilaian di paud tehnik penilaian di paud pentingnya penilaian di paud evaluasi penilaian paud contoh format penilaian evaluasi paud fungsi penilaian paud form penilaian paud penilaian guru paud penilaian gugus paud penilaian kinerja guru paud penilaian kinerja guru paud/tk instrumen penilaian gugus paud instrumen penilaian guru paud contoh penilaian guru paud format penilaian guru paud contoh format penilaian harian paud penilaian harian paud format penilaian harian paud contoh penilaian harian paud indikator penilaian paud jenis penilaian paud penilaian paud kurikulum 2013 penilaian kognitif paud penilaian unjuk kerja paud penilaian kurikulum paud penilaian kelas paud penilaian tindakan kelas paud pedoman penilaian ktsp paud kriteria penilaian paud karakteristik penilaian paud konsep penilaian paud penilaian karakter paud kriteria penilaian lomba paud instrumen penilaian lembaga paud penilaian kinerja lembaga paud lembar penilaian paud laporan penilaian paud manajemen penilaian paud metode penilaian paud makalah penilaian paud format penilaian observasi paud contoh format penilaian observasi paud penilaian otentik paud contoh penilaian observasi paud penilaian observasi paud contoh penilaian pembelajaran paud jenis penilaian pada paud proses penilaian paud penilaian pembelajaran paud penilaian program paud penilaian perkembangan paud contoh penilaian portofolio paud pengembangan penilaian program paud alat penilaian pembelajaran paud penilaian dalam pembelajaran paud instrumen penilaian pembelajaran paud contoh penilaian perkembangan paud metode penilaian pembelajaran paud format penilaian pembelajaran paud teknik penilaian pembelajaran paud prosedur penilaian paud contoh penilaian raport paud penilaian raport paud rubrik penilaian paud penilaian siswa paud kriteria penilaian senam paud format penilaian siswa paud standar penilaian paud sistem penilaian paud penilaian hasil belajar siswa paud penilaian kinerja kepala sekolah paud tujuan penilaian paud tehnik penilaian paud tekhnik penilaian paud penilaian untuk paud contoh penilaian untuk paud format penilaian untuk paud

Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013

NAH, tugas kita sebagai guru PAUD (TK KB TPA SPS) bagaimana sih cara melakukan evaluasi dan penilaian PAUD sesuai kurikulum 2013? Mari kita kupas tuntas evaluasi dan penilaian PAUD berikut ini:

Hal penting yang harus dipahami dan dirubah pemahaman guru bahwa hasil karya anak bukan untuk dinilai bagus tidaknya tetapi untuk dianalisa kemajuan perkembangan yang di capai anak.

Penilaian dan evaluasi PAUD dilakukan setiap hari melalui kegiatan pembelajaran harian anak. Untuk dapat melakukan penilaian haruan seorang pendidik PAUD harus memiliki format teknik penilaian PAUD yang harus dapat digunakan untuk menilai anak PAUD.

Selanjutnya dari penilaian harian tersebut, seorang guru PAUD kemudian melakukan kompilasi penilaian harian menjadi penilaian bulanan.

Dari penilaian bulanan dikompilasi lagi menjadi penilaian semester atau bisa disebut sebagai raport PAUD.

Panduan Singkat Cara Penilaian PAUD Kurikulum 2013

Berikut ini adalah tulisan yang dapat membantu ayah bunda melakukan evaluasi penilaian PAUD sesuai kurikulum 2013 PAUD.

  1. Definisi evaluasi penilaian PAUD, Lihat Disini
  2. Empat proses evaluasi penilaian PAUD, Lihat Disini
  3. Apa saja manfaat penilaian PAUD bagi anak, guru, dan orang tua? Disini Jawabnya
  4. Prinsip-prinsip dalam evaluasi penilaian PAUD, Lihat Disini
  5. Penjelasan Penelitian Autentik PAUD, Klik Disini

Selanjutnya setelah mengetahui ilmu dasar tentang evaluasi dan penilaian PAUD, berikut ini adalah cara melakukan evaluasi penilaian PAUD Kurikulum 2013:

  1. Cara membuat evaluasi penilaian harian PAUD menggunakan 3 teknik penilaian harian (catatan anekdot, catatan hasil karya, skala capaian perkembangan) digabung menjadi Buku Portofolio PAUD. Lihat Disini
  2. Cara melakukan penilaian bulanan PAUD, Klik Disini
  3. Cara melakukan penilaian semester (membuat Raport PAUD) Klik Disini

Untuk contoh evaluasi penilaian PAUD sudah disediakan di masing-masing link tautan. Cukup mudah bukan melakukan penilaian PAUD Kurikulum 2013? Semoga tulisan Kupas Tuntas Evaluasi dan Penilaian PAUD Kurikulum 2013 ini bermanfaat!