Contoh SOP PAUD Kegiatan Harian Kurikulum 2013+Penjelasan



Contoh Jadwal Harian SOP PAUD Kurikulum 2013 dan Penjelasan. Untuk contoh jadwal harian bisa dilihat melalui gambar di bawah ini. Bagaimana sih cara membuat SOP PAUD Kegiatan Harian Anak ini? Jawabnya Klik Disini.

PERLU DICATAT: Jadwal harian SOP PAUD ini berbeda dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) PAUD ya bunda.

Contoh Jadwal Harian SOP PAUD Kurikulum 2013 dan Penjelasannya

Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Penataan lingkungan main

Penataan lingkungan main dilakukan oleh guru sebelum anak datang.
Penataan lingkungan main dimaksudkan untuk menyiapkan tempat, alat dan bahan yang akan dgunakan anak untuk bermain sesuai dengan rencana pembelajaran yang sudah dibuat.



Penataan lingkungan main harus memperhatikan: sikap apa yang ingin dikembangkan, pengetahuan apa yang akan dikenalkan, dan keterampilan apa yang ingin dikuasai anak. Misalnya: Untuk mengenalkan bentuk lingkaran, jumlah bilangan, ukuran besar-kecil, kemampuan berbahasa, saling berbagi, latihan motorik halus, guru dapat menata kegiatan main di luar dengan bahan pasir seperti gambar di bawah ini.

2. Penyambutan kedatangan anak

Penyambutan kedatangan anak dilakukan oleh guru piket atau masing- masing guru kelompok. Penyambutan kedatangan anak membangun sikap percaya diri, ramah, sopan, menyesuaikan diri dengan suasana baru, dsb.

Guru piket harus memahami apa yang akan dibangun melalui proses penyambutan. Hal yang diperhatikan pada saat penyambutan adalah reaksi anak saat datang; apakah riang, murung, lesu, atau lainnya. Kondisi ini harus diperhatikan agar kondisi tersebut tidak terbawa sampai anak mengikuti kegiatan selanjutnya, karena akan mempengaruhi emosi anak.

Sedapat mungkin guru piket penyambutan anak menunjukkan sikap ramah, riang, dan bersikap seperti perilaku yang diharapkan dari anak.

sop paud sop lembaga paud sop kurikulum paud contoh sop paud sop guru paud sop pendataan paudni sop penyelenggaraan paud sop sekolah paud sop paudni

3. Jurnal Pagi

Jurnal pagi diisi dengan kegiatan bersama seluruh kelompok anak (kelompok besar), diisi dengan kegiatan menyanyi lagu nasional termasuk mengenalkan lagu Indonesia Raya, yel-yel satuan PAUD, tepuk PAUD, puisi, cerita pendek, dll.

Jurnal pagi untuk membiasakan anak dalam kelompok besar, mengkondisikan anak siap belajar, mendisiplinkan anak, sekaligus menunggu kehadiran semua anak.

Jurnal pagi juga dapat diisi dengan mengenalkan upacara bendera sederhana. Membiasakan anak mengenal lambang negara.

4. Materi pagi

Materi pagi disesuaikan dengan kegiatan yang ingin dibiasakan di satuan PAUD. Materi pagi bisa diisi dengan pembiasaan sholat dhuha, membaca iqro, dapat juga diisi dengan pembiasaan merawat lingkungan, misalnya: menyiram tanaman, memberi makan binatang peliharaan, membersihkan lingkungan, dll.

5. Bermain Motorik Kasar

Bermain motorik kasar merupakan bagian penting untuk melatih kekuatan otot, koordinasi gerakan, kelenturan, keluwesan, dan pelepasan energi anak agar dapat lebih fokus.

Bermain motorik kasar dapat dilakukan secara terpimpin oleh guru misalnya dengan membuat permainan tradisional, atau dapat pula atas inisiatif anak tetapi dengan pengawasan guru.

6. Snack Pagi

Snack pagi dimaksudkan pemberian makanan ringan, jika lembaga PAUD tidak menyediakan makanan ringan dapat juga hanya memberikan waktu anak untuk minum. Karena anak telah melakukan kegiatan motorik kasar yang mengeluarkan banyak energi dan air, maka harus dikembalikan cairan tubuhnya agar tidak terjadi dehidrasi.

7. Kegiatan Inti

Kegiatan inti adalah kegiatan yang dirancang sesuai RPPH. Dalam kegiatan inti terdapat:

a. Kegiatan pembuka (pijakan sebelum main). Pijakan sebelum bermain minimal membiasakan:

  • membaca buku,
  • menyampaikan aturan bermain
  • berdoa sebelum belajar

b. Setelah bermain: pembiasaan yang dilakukan setelah bermain minimal:

  • Membereskan mainan
  • Berdoa setelah bermain
  • Bercerita tentang pengalaman bermain

8. Makan Sehat

Makan sehat ditekankan untuk dikonsumsi anak, sekalipun makanan tersebut dibawa anak sebagai bekal dari rumah. Hal penting yang harus dilakukan guru adalah mengontrol apakah makanan bekal yang di bawa anak memenuhi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Pembiasaan yang dilakukan pada kegiatan makan setidaknya: Sebelum makan:

  • Mencuci tangan
  • Saling berbagi dengan teman
  • Mengenalkan ciri makanan yang baik untuk dimakan
  • Berdoa

Setelah makan:

  • Berdoa
  • Membereskan alat makan
  • Membersihkan ruangan dari sisa-sisa makanan

9. Jurnal Siang

Jurnal siang lebih ditekankan pada kemampuan motorik halus anak yang mendukung kemampuan mengenal keaksaraan awal. Di jurnal siang anak diberi kesempatan untuk menggambar bebas, menulis apa yang dia pikirkan walaupun tulisannya belum dapat dipahami. Setiap hasil karya anak di jurnal makan siang harus diberi tanggal untuk mengetahui perkembangan kemampuan anak.

10. Penutupan

Penutupan dimaksudkan kegiatan akhir di hari itu. Kegiatan penutupan untuk mereview keseluruhan kegiatan yang dilakukan anak pada hari tersebut. Pembiasaan penutupan minimal membiasakan:

  • Bercerita
  • Pesan-pesan untuk dikerjakan di rumah
  • Informasi kegiatan besok
  • Berdoa sebelum pulang.

11. Penjemputan

Kegiatan anak menunggu orang tua atau yang ditunjuk keluarga untuk kembali ke rumah.
Penjemputan membentuk pembiasaan:

  • Bersabar
  • Sopan santun
  • Berdisiplin