Contoh RPPH PAUD Pembelajaran Area/ Sudut Kurikulum 2013



Contoh RPPH PAUD Model Pembelajaran Area dan RPPH Model Sudut Kurikulum 2013 tema diriku sub tema tubuhku. Ini adalah rencana program harian (RPH) atau rencana kegiatan harian (RKH) PAUD sesuai dengan kurikulum PAUD 2013 terbaru.

PENTING: Sebelum ayah bunda download RPPH PAUD Model Pembelajaran Area/Sudut di bawah ini sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana cara membuat RPPH PAUD yang benar dan cepat, juga apa saja sih yang harus dimuat di dalam RPPH PAUD Kurikulum 2013 KLIK DISINI.

Berikut ini penjelasan singkat tentang RPPH PAUD Kurikulum 2013.
Pengertian  RPPH PAUD adalah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh pendidik. Format RPPH tidak harus baku tetapi memuat komponen-komponen yang ditetapkan.

Dalam membuat RPPH PAUD apa sih yang harus dimuat? Meskipun RPPH PAUD Kurikulum 2013 tidaklah sama formatnya akan tetapi ada bagian-bagian atau komponen RPPH PAUD Kurikulum 2013.



Dalam sebuah RPPH PAUD harus memuat enam penjelasan yaitu: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian.

contoh rpph paud contoh rpph paud k13 contoh rpph paud 2013 contoh rppm paud tema lingkungan contoh rpph paud tema kebutuhanku contoh rpph paud kurtilas contoh rpph paud semester 1 contoh rpph paud 2015 contoh rpph paud tema diri sendiri contoh rppm paud tema binatang contoh rpph paud tema tanaman contoh rpph paud tema keluargaku contoh rpph paud k13 tema binatang contoh rpph paud tk contoh rpph paud kurikulum 13 contoh rpph paud model kelompok contoh rpp paud terbaru contoh rpp paud semester 2 contoh rpp paud tema binatang contoh rpp paud formal contoh rpp paud tema lingkungan contoh rpp anak paud contoh rkh paud berbasis sains contoh rkh paud berkarakter contoh rpp berkarakter paud

Contoh RPPH PAUD Pembelajaran Area/ Sudut Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)

KURIKULUM 2013

Semester/bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Tema / Sub Tema : Diriku/Tubuhku
Kelompok / Usia : B/5 – 6 Tahun
Hari / Tanggal : Senin /14 Juli 2014

Kegiatan:

  1. doa sebelum dan sesudah belajar,
  2. nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat,
  3. pengelompokan berdasarkan warna (merah, biru, kuning), (Catatan: materi pengelompokkan berdasarkan bentuk dan jumlah bilangan disampaikan hari berikutinya),
  4. lagu “Tuhan Ciptakan Aku”

Materi yang masuk dalam pembiasaan

  1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

Alat dan Bahan

  1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni untuk membuat bingkai foto diri.
  2. Kertas polos, krayon dan spidol warna merah, biru, kuning untuk kegiatan menjiplak telapak tangan dengan krayon atau spidol.
  3. Tali rapia, nama masing-masing anak, steples untuk kegiatan mengukur tinggi badan dengan tali rapia.
  4. Alat kedokteran, seting pemeriksaan gigi, obat-obatan, kertas – pensil resep untuk bermain drama pergi ke dokter.

A. Pembukaan

  1. Bernyanyi “TUHAN CIPTAKAN AKU”
  2. Tepuk “TUHAN CIPTAKAN AKU”
  3. Doa sebelum belajar
  4. Mengenalkan aturan bermain
  5. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh
  6. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
  7. Berdiskusi tentang kelompok berdasarkan warna (merah, biru, kuning).

B. Inti

  1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
  2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
  3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
  4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
  5. Anak melakukan kegiatan sesuai yang diminati dan gagasannya:
    1. Area Seni Membuat bingkai fota diri.
    2. Area Keaksaraan: Mengukur tinggi badan dengan tali rapia
    3. Area main drama: “Pergi ke dokter gigi”.
    4. Area Bahan Alam: Menjiplak telapak tangan dengan krayon atau spidol.
  6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
  7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya.

C. Penutup

  1. Menanyakan perasaan selama hari ini
  2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
  3. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
  4. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  5. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
  6. Berdoa setelah belajar

D. Rencana Penilaian

a. Indikator Penilaian

elompok contoh rpp paud terbaru contoh rpp paud semester 2 contoh rpp paud tema binatang contoh rpp paud formal contoh rpp paud tema lingkungan contoh rpp anak paud contoh rkh paud berbasis sains contoh rkh paud berkarakter contoh rpp berkarakter paud

b. Teknik Penilaian Yang Akan Digunakan

  1. Catatan hasil karya
  2. Catatan Anekdot, dan
  3. Skala capaian perkembangan ( rating scale )

Yuk pelajari dahulu cara melakukan penilaian dengan Teknik Penilaian PAUD Kurikulum 2013 KLIK DISINI

Untuk Download Contoh RPPH PAUD Pembelajaran Area/Sudut Kurikulum di Atas KLIK DISINI

Preview Atau Penampakan Dokumen RPPH PAUD K13