Contoh RPPH PAUD Sentra Seni Tema Diri Sendiri Kurikulum 2013



RKH RPPH TK Kurikulum 2013. Contoh RPPH PAUD Sentra Seni Tema Diri Sendiri Kurikulum 2013 format doc disini.

Pengertian RPPH adalah singkatan dari Rencana pelaksanaan pembelajaran harian yang merupakan acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. RPPH disusun dan dilaksanakan oleh pendidik.

Contoh RPPH PAUD Sentra Seni Tema Diri Sendiri

RPPH PAUD Sentra Seni Tema Diri Sendiri K-13

Format RPPH tidak harus baku tetapi memuat komponen-komponen yang ditetapkan. Komponen RPPH terdiri dari: (1) identitas program, (2) materi, (3) alat dan bahan, (4) kegiatan pembukaan, (5) kegiatan inti, (6) kegiatan penutup, dan (7) rencana penilaian.



Perlu diketahui bahwa RPPH PAUD disusun berdasarkan RPPM PAUD yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema  dan sub tema. Jadi sebelum ayah bunda membuat RPPH harus membuat RPPM terlebih dahulu, ini perlu digaris bawahi yah.

Penulisan RPPH disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran PAUD yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana program mingguan.

Nah untuk menambah wawasan ilmu bagi ayah bunda, kami sediakan contoh RPPH PAUD sentra seni tema diriku dan sub tema kebutuhanku yang merupakan RPPH PAUD untuk model pembelajaran Sentra. Yuk kita lihat berikut ini :

REKOMENDASI: Baca Dulu Ketentuan Dalam Membuat RPPH PAUD Kurikulum 2013 KLIK DISINI

Contoh RPPH PAUD Sentra Seni Tema Diri Sendiri Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN
RPPH PAUD KURIKULUM 2013
SENTRA SENI

Semester / bulan/Minggu ke : 1/Juli/2
Hari / Tanggal : Senin /14 Juli 2014
Kelompok / Usia : B/5 – 6 Tahun
Tema / Sub Tema : Diriku/Tubuhku

Materi dalam kegiatan:

  1. doa sebelum dan sesudah belajar,
  2. nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat,
  3. pengelompokan berdasarkan warna (merah, biru, kuning), (Catatan: materi pengelompokkan berdasarkan bentuk dan jumlah bilangan disampaikan hari berikutinya),
  4. lagu “ Tuhan Ciptakan Aku”

Materi yang masuk dalam pembiasaan

  1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
  2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
  3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
  4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

Alat dan Bahan

  1. Lidi/irisan bambu/stik es krim, kertas, lem, kertas warna warni untuk kegiatan membuat bingkai fota diri warna merah, biru, kuning.
  2. Kertas Koran untuk alas, tanah liat, celemak untuk menutup baju anak untuk kegiatan Membuat boneka foto diri dari tanah liat.
  3. Kok bekas, kertas warna warni, lem, asesoris mata untuk kegiatan membuat boneka diri
  4. Gambar anggota tubuh, lem, kerta untuk menempel, gunting untuk kegiatan menggunting dan menempel gambar anggota tubuh.

A. Pembukaan

  1. Bernyanyi “TUHAN CIPTAKAN AKU”
  2. Tepuk “TUHAN CIPTAKAN AKU”
  3. Doa sebelum belajar
  4. Mengenalkan aturan bermain
  5. Berdiskusi bagian-bagian tubuh, fungsi, dan cara merawat tubuh
  6. Diskusi yang harus dilakukan sebagai rasa terimakasih terhadap Tuhan atas tubuhnya
  7. Berdiskusi tentang pengelompokkan warna (merah, biru, kuning).

B. Inti

  1. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
  2. Guru menanyakan konsep warna dan bentuk yang ada di alat dan bahan.
  3. Guru menanyakan kepada anak dimana mereka pernah menemukan konsep tersebut?
  4. Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak.
  5. Anak melakukan kegiatan membuat bingkai foto diri sesuai yang diminati dan gagasannya.
  6. Anak menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
  7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya

C. Penutup

  1. Menanyakan perasaan selama hari ini
  2. Berdiskusi kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini, mainan apa yang paling disukai
  3. Pemberian tugas kepada anak untuk dilakukan di rumah yakni menanyakan bertanya kepada orang tuanya tentang tempat lahir, tanggal lahir, siapa yang menolong kelahiran, dst.
  4. Bercerita pendek yang berisi pesan-pesan
  5. Menginformasikan kegiatan untuk esok hari
  6. Berdoa setelah belajar.

D. Rencana Penilaian

1. Indikator Penilaian

Program Pengembangan

KD

INDIKATOR

Nilai 1.1 – Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan
Agama dan Moral 3.1-4.1 – Anak dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar,
Motorik 2.1 – Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi
3.4 – 4.4 – Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat
Sosem 2.5 – Anak terbiasa memberi salam
2.6 – Anak terbiasa mengikuti aturan
Kognitif 3.6-4.6 Anak mengelompokkan berdasarkan warna (merah, biru, kuning),
Bahasa 1.13, Anak terbiasa berlaku ramah,
3.10-4.10 Anak memahami cerita yang dibacakan cerita
Seni 3.15-4.15 Anak menyanyikan lagu Tuhan Ciptakan Aku

2. Teknik Penilaian Yang Akan Digunakan:

  • Catatan hasil karya
  • Catatan anekdotal, dan
  • Skala capaian perkembangan ( rating scale)