Download Contoh Pembelajaran Tematik PAUD – Tema Kendaraan



Download Contoh Pembelajaran Tematik PAUD – Tema Kendaraan. Pendalaman materi yang sangat diperlukan bagi guru PAUD kali ini mengambol contoh tema kendaraan. Ayah bunda bisa mengambil tema lain karena tema begitu luas.

Dimulaid dari jenis-jenis kendaraan seperti kendaraan darat, laut udara. Selanjutnya diturunkan lagi macam-macacm jenis kendaraan darat misalnya kereta api, delman dll.

Selain dilihat dari jenis kendaraan, pembelajaran tematik dengan tema kendaraan juga bisa diturunkan dari tempat pemberhentian kendaraan seperti stasiun, pelabuhan, dan bandara.

Dari Tema Kendaraan Ayah Bunda Dapat Menurunkan Lagu Diantaranya :
1. Kereta Api
2. Kapal Api
3. Delman
4. Helikopter
5. Mobil
6. Sepeda



Pembelajaran Tematik adalah pendekatan pembelajaran yang cocok dalam menanamkan berbagai konsep yang diperlukan dalam perkembangan anak usia dini. Ciri-ciri pembelajaran tematik adalah sebagai berikut : 
  1. Berpusat pada anak
  2. Memberikan pengalaman langsung pada anak
  3. Memadukan seluruh bidang pengembangan
  4. Menyajikan konsep dari berbagai bidang pengembangan dalam satu proses pembelajaran
  5. Pembelajaran dapat berkembang sesuai minat dan kebutuhan anak.
Pembelajaran Tematik PAUD TK KB TPA SPS

Dalam pembelajaran tematik PAUD, tema merupakan konteks (fokus bahasan) yang membingkai semua kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk menentukan tema yang akan yang dipilih harus didasarkan pada kebermaknaan belajar anak.

Dengan kata lain tema harus sudah dikenal anak, dapat merangsang anak terlibat dalam pembelajaran, dapat mengembangakan kemampuan anak dalam memecahkan masalahnya, dan dapat diterapkan karena didukung dengan sumber, bahan dan alat belajar yang diperlukan. Pemilihan tema dapat berdasarkan pada :

– Kehidupan terdekat anak
– Minat anak
– Permasalahan yang dihadapi.
Jadi dalam pendidikan anak usia dini tema sangat kondisional bisa dibilang fleksibel dan tidak dibakukan.
Dalam memilih tema harus sesuai dengan :
  • Minat atau kecenderungan yang diminati anak
  • Pengalaman dan usia perkembangan anak
  • Memperkuat pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki anak
  • Ada sumber yang dapat dipelajari dan diamati anak (orang, tempat yang dikunjungi, dan buku-buku tentang tema)
  • Ada berbagai media atau alat yang dapat dimainkan anak secara mandiri atau dengan bantuan guru
  • Mendukung perkembangan kemampuan keaksaraan, matematika, bahasa, social emosional, seni, motorik, dan moral anak
  • Nilai kepercayaan, budaya yang berlaku di masyarakat.
Satu tema dapat diterapkan untuk satu bulan,  dua bulan atau hanya dua atau tiga minggu saja. Lamanya pembahasan satu tema tergantung pada minat anak dan fokus yang akan dipelajari anak. Satu tema dapat dibagi menjadi sub tema.

Setiap sub tema dapat dikembangkan menjadi anak sub tema. Setiap anak sub tema dapat dikembangkan menjadi ranting. Setiap sub tema atau anak sub tema atau ranting sub tema dapat menjadi materi dalam satu minggu. Jadi satu tema dapat dibahas dalam waktu panjang.