10 Manfaat dan Pentingnya Pembelajaran Saintifik PAUD



10 Manfaat dan Pentingnya Pembelajaran Saintifik PAUD. Inilah 10 manfaat pembelajaran PAUD menggunakan pendekatan saintifik dan juga mengapa pembelajaran saintifik PAUD penting temukan jawabannya pada alasan pentingnya pembelajaran anak usia dini menggunakan metode saintifik Kurikulum 2013 PAUD berikut.

Anak seorang peneliti. Semua yang ada di sekitarnya menarik perhatiannya. Anak akan memperhatikan, meneliti, mencoba, dan bertanya. Cara belajar alamiah tersebut dikukuhkan menjadi pendekatan saintifik.

Pengertian Pendekatan saintifik adalah upaya untuk mengembangkan dan meneruskan perilaku positif tersebut. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif dapat mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan
mengomunikasikan.

Alasan Pentingnya Menggunakan Pendekatan Saintifik PAUD

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik diterapkan di lembaga PAUD untuk melanjutkan perilaku belajar yang telah dimiliki anak. Hal ini penting untuk membantu anak memahami dunia sekitarnya. Proses mengumpulkan, mengolah informasi dan mengomunikasikan yang diketahuinya merupakan langkah pengembangan berpikir kritis.



10 Manfaat dan Pentingnya Pembelajaran Saintifik PAUD manfaat pendekatan saintifik kurikulum 2013, alasan pentingnya pembelajaran pendekatan saintifik paud

ILUSTRASI
Anak kelompok A sedang bermain di sentra memasak. Mereka akan membentuk bulatan dari tepung beras.

Ari “aku beri air dulu tepungnya biar bisa dibulat-bulat”

Mira, “kasih airnya sedikit saja supaya tidak lembek.”

Kemudian mereka bekerja bersama membentuk bulatan.

Mereka telah mengatasi masalah, menganalisa dan juga mengevaluasi bahan tepung agar bisa di bentuk bulatan.

10 Manfaat Pembelajaran Saintifik PAUD

Dari ilustrasi / contoh aktifitas saintifik sederhana di atas, dapat ditarik beberapa manfaat penerapan pendekatan saintifik, yaitu:

  1. Lebih mudah diterima oleh anak
  2. Lebih bermakna bagi anak
  3. Lebih utuh diterima oleh anak
  4. Lebih melekat menjadi perilaku anak
  5. Mengurangi verbalisme (menghindari guru untuk banyak menjelaskan secara lisan)
  6. Lebih mudah diterapkan oleh anak
  7. Anak lebih menghargai kemampuan yang diperolehnya
  8. Anak lebih percaya diri
  9. Anak lebih bangga terhadap kemampuan yang diperolehnya
  10. Kemampuan yang diperoleh lebih permanen

Secara lebih khusus, contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAUD dalam setiap lingkup perkembangan silahkan lihat di Contoh Penerapan Saintifik PAUD 6 Aspek Perkembangan.