Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun



STPPA PAUD — Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun. STPPA PAUD adalah acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Usia dini adalah masa ketika anak menghabiskan sebagian besar waktu untuk bermain. Karenanya pembelajaran pada PAUD dilaksanakan melalui bermain dan kegiatan-kegiatan yang mengandung prinsip bermain.

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak usia 4-6 tahun merupakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dapat dicapai pada rentang usia 4-5 tahun dan usia 5-6 tahun.

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD disebut sebagai Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar merupakan pencapaian perkembangan anak yang mengacu kepada Kompetensi Inti.



Perkembangan anak adalah integrasi dari perkembangan aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional, serta seni. Sementara Perkembangan sendiri adalah perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan.

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun

Sesuai dengan penjelasan di atas, pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun dibedakan menjadi kelompok usia perkembangan berikut ini :

  1. Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun
  2. Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun

Untuk Indikator pencapaian perkembangan usia 4-6 tahun ayah bunda bisa melihatnya disini.
Dalam proses pendidikan, anak usia dini membutuhkan keteladanan, motivasi, pengayoman/ perlindungan, dan pengawasan secara berkesinambungan sebagaimana dicontohkan oleh Ki Hajar Dewantara dalam filosofi: ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani.