Tujuan dan Model Pembelajaran PAUD Berbasis Alam



Tujuan dan Model Pembelajaran PAUD Berbasis Alam. PAUD berbasis alam adalah salah satu model pembelajaran inovatif PAUD yang diarahkan untuk membantu pendidik anak usia dini dalam merancang model kurikulum, khususnya pada proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang memenuhi kebutuhan dan karakteristik perkembangan anak.

Melalui upaya ini diharapkan akan memberikan pencerahan pada pendidik anak usia dini untuk mengembangkan variasi proses pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan anak memperoleh sejumlah pengalaman belajar secara langsung (real learning), bermakna (meaningfull) dan konstruktif.

Kurikulum Inovatif PAUD disusun sebagai guideline bagi setiap praktisi dan stakeholder lainnya dalam melaksanakan pendidikan pada anak usia dini, terutama untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang diajarkan dan bagaimana mengajarkan melalui penguasaan perencanaan yang di dasarkan pada filosofi tentang bagaimana anak berkembang dan belajar.

Prosedur pengembangannya disusun sebagai panduan praksis kegiatan belajar seraya bermain pada anak usia dini sesuai dengan karakteristik dan tahapan lingkup pengembangan model yang menjangkau ranah usia anak 0 tahun sampai usia 6 tahun.



Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum Inovatif PAUD yaitu; fleksibel, kontinyu, adaptif, integratif, progresif, dan kontekstual. Kurikulum inovatif pendidikan anak usia dini dapat digunakan sebagai salah satu model yang dapat dijadikan salah satu acuan bagi guru dan pengelola PAUD yang pada akhirnya dapat menjembatani pengalaman siswa belajar terutama pada sekolah dasar di kelas rendah 1 – 3 tahun.

Tujuan dan Model Pembelajaran PAUD Berbasis Alam pembelajaran paud berbasis alam model paud berbasis alam sekitar model pembelajaran paud berbasis alam media pembelajaran paud berbasis alam model paud berbasis alam kurikulum paud berbasis alam tujuan paud berbasis alam contoh kurikulum paud berbasis alam

Tujuan dan Model Pembelajaran PAUD Berbasis Alam

Dalam model pembelajaran PAUD berbasis alam, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah :

  1. 9 Prinsip Pembelajaran PAUD BErbasis Alam
  2. Metode Pembelajaran PAUD Berbasis Alam
  3. Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar

Pengorganisasian pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan pendidik untuk menciptakan suatu situasi atau iklim pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan pada anak sesuai dengan model pembelajaran berbasis alam. Pengorganisasian ini dimaksudkan untuk memudahkan pendidik dan anak berinteraksi dalam berbagai situasi pembelajaran (baik indoor maupun outdoor activity).

Download Model Pembelajaran PAUD Berbasis Alam

Ayah bunda dapat mempelajari lebih jauh tentang model pembelajaran PAUD berbasis alam melalui ebook yang disajikan diatas melalui link tautan berikut ini: