Ebook Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013



Download Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013. Mari kita kupas tuntas Alur Perencanaan Pembelajaran pada kurikulum 2013 PAUD. Rencana pembelajaran PAUD adalah kurikulum operasional yang dijadikan acuan bagi guru untuk mengelola kegiatan bermain untuk mendukung anak dalam proses belajar.

Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk:

  1. mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran 
  2. mengarahkan guru untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan, 
  3. mengarahkan guru untuk membangun sikap,  pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak 
  4. mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran 

Menyusun Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD

Dalam meyusun alur perencanaan pembelajaran PAUD perlu mengetahui beberapa hal berikut ini :



1. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP)
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi perkembangan anak yang mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni. Lebih lanjut tentang STTP dijelaskan klik disini.

Ebook Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

2. Kompentensi Inti (KI)
Kompetensi Inti (KI) pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai STPP yang harus dimiliki peserta didik PAUD pada usia 6 tahun.

Jadi Kompetensi Inti merupakan operasionalisasi dari STPP dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki anak dengan berbagai kegiatan pembelajaran melalui bermain yang dilakukan di satuan PAUD. Kualitas tersebut berisi gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selengkapnya bahasa Kompetensi Inti PAUD Klik Disini

SEMUA PENJELASAN LENGKAP YANG DIBAHAS SUDAH DISATUKAN MENJADI SEBUAH EBOOK. SILAHKAN 

DOWNLOAD EBOOK ALUR PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD KURIKULUM 2013 KLIK DISINI

3. Kompentensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini berisikan kemampuan dan muatan pembelajaran untuk suatu tema pembelajaran pada PAUD yang mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar dikembangkan berdasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat dan memperkaya antar program pengembangan.

Dalam merumuskan Kompetensi Dasar juga memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu program pengembangan yang hendak dikembangkan. Kompetensi Dasar (KD) PAUD dibahas lengkap Disini

4. Menurunkan KD menjadi Materi/Muatan Ajar
Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan anak senang belajar, senang melakukan proses saintis, BUKAN menekankan pada penguasaan materi karena penilaian atau assessment pada program anak usia dini merujuk pada tahap perkembangan. Contoh menurunkan KD menjadi Muatan Ajar PAUD Bisa Dilihat Disini

Inilah keunikan kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Namun demikian proses pembelajaran pada anak usia dini yang dilakukan melalui kegiatan bermain juga memberikan penambahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan anak yang sesuai dengan Kompetensi Dasar dengan memperhatikan kemampuan yang sesuai tahap perkembangan anak pada usia tertentu pada umumnya. Oleh karena itu pendidik juga harus mampu menurunkan materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar.

Ebook Alur Perencanaan Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013