Perlukah Pembelajaran Komputer Sejak Usia Dini



Menurut ayah bunda perlukah pembelajaran komputer sejak usia dini? Bermain adalah aktifitas anak yang paling disukai sehingga untuk membelajari anak usia dini juga dilakukan sambil bermain.

Permainan pada anak bisa dilakukan kapan saja dan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar anak. Bahkan barang bekas pun bisa dipakai untuk dijadikan media permainan.

Seiring perkembangan teknologi, bahan permainan sekarang ini sudah merambah pada iPad imitasi untuk anak yang sudah banyak beredar. Tidak hanya itu banyak lembaga kursus juga menawarkan “komputer kids” untuk mencekoki anak usia dini mengerti komputer.

Anak perlu dikenalkan dan diajarkan teknologi komputer sejak dini agar anak bisa lebih beradaptasi dan tiadak ketinggalan dengan teknologi-teknologi yang berkembang saat ini.?



Kata siapa? Mungkin ada yang mengatakan anak harus dibelajari komputer sejak disini dengan alasan:

  1. Optimalisasi penggunaan TIK untuk anak PAUD
  2. Anak bisa mengikuti perkembangan teknologi sehingga anak tidak menjadi terbelakang
  3. Melalui komputer anak bisa mengetahui banyak informasi
  4. Komputer bisa membuat anak lebih bersemangat belajar
  5. Anak lebih cepat memahami pembelajaran.
Mungkin maksud dari orang tua dan pendidik yang sependapat dengan alasan diatas adalah untuk memaksimalkan masa tumbuh kembang anak. Kecerdasan dan emosi anak dilatih mereka melalui permainan atau game komputer atau Android dengan demikian anak menjadi pintar. Waduh
PEMBODOHAN: Perlunya Pembelajaran Komputer Sejak Dini

Pembodohan Dalam Perlunya Pembelajaran Komputer Sejak Dini

Ayah bunda semuanya….perlu diketahui bahwa alasan yang dikemukakan di atas hanyalah pembodohan semata. Tidak ada teori yang mengatakan bahwa jika anak dibelajari komputer sejak usia dini maka dewasanya akan menjadi pintar komputer dan bisa membuat komputer.

Bunda pernah mendengar ayah perusahaan pembuat smartphone Apple iPad melarang anaknya menggunakan iPad buatannya? Yang belum baca disini.

Berkaitan dengan mengoptimalkan tumbuh kembang anak agar menjadi sehat cerdas ceria melalui game komputer dan Android, perlu diketahui bahwa :

  1. Saraf motorik tubuh secara keseluruhan menjadi lemah karena dalam kondisi diam dalam jangka waktu yang lama. Motorik halus dan kasar menjadi tidak terlatih.
  2. Daya akomodasi mata anak yang seharusnya fleksibel tatkala melihat objek dalam jarak yang berlainan, hanya fokus pada jarak yang sama dan dapat mempercepat kelainan miopi (rabun jauh).
  3. Daya kreativitas dan imajinasi anak menjadi sangat terbatas.
  4. Daya konsentrasi dan fokus menurun drastis disebabkan oleh cepatnya warna dan gambar berubah. Tidak membiasakan anak kepada budaya proses.
  5. Tidak dikembangkannya daya cipta secara optimal dalam diri anak.
  6. Panca indra anak (indra penciuman, pendengaran, penglihatan, peraba, perasa) tidak berkembang optimal karena miskinnya rangsangan yang diberikan oleh tablet kepada panca indra anak.
Setelah melewati penjelasan diatas, ayah bunda kami rekomendasikan untuk membaca sebuah fakta bahwa anak-anak dari perusahaan Teknologi kelas dunia menyekolahkan anaknya dengan sekolah yang tanpa komputer sama sekali. Silahkan baca STOP Gadget Pada Anak – Pesan Petinggi Teknologi Dunia