Menurunkan Sub Tema Diriku/ Diri Sendiri Untuk PAUD



Cara membuat sub tema Diriku / Diri Sendiri –Cara identifikasi tema Diriku / Diri Sendiri menjadi sub tema untuk pembelajaran PAUD. Membuat Cakupan Sub Tema Diriku / Diri Sendiri Untuk PAUD dapat dilakukan dengan cara identifikasi tema menjadi sub tema pembelajaran PAUD.

Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman baru pada anak. Artinya bila pendidik yang banyak membaca tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga sebaliknya.

Tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.

Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.



Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pendidik PAUD banyak mengalami kendala dalam mengembangkan tema pembelajaran. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, kreativitas, kepekaan dan keberanian pendidik.

Menurunkan Sub Tema Diriku/ Diri Sendiri Untuk PAUD

Membuat Cakupan Sub Tema Diriku / Diri Sendiri Untuk PAUD

Contoh Menurunkan Sub Tema Diriku/ Diri Sendiri Untuk PAUD. Untuk membantu para pendidik menurunkan sub tema dari sebuah tema Diriku / Diri Sendiri maka kami hadirkan cakupan tema dan sub tema PAUD berikut ini.

1. Identitas Diri

  • Nama Diri (nama panggilan )
  • Jenis Kelamin (Laki laki / Perempuan)
  • Nama Orang Tua (Ayah / Ibu)
  • Alamat Rumah / Tempat tinggal

2. Anggota Tubuh (misal : Kepala, tanggan, kaki)
3. Ciri Ciri Tubuh

  • Tubuh : pendek, tinggi – kurus, gemuk.
  • Rambut : keriting, lurus, ikal.
  • Kulit : Putih, hitam, sawo matang.

4. Kesukaan

  • Makanan / minuman (misal : Bakso, Buah Apel, Es Krim, Permen dan lain lain).
  • Mainan (Boneka, masak – masakan, mobil – mobilan, dan lain lain)
  • Pakaian (warna : merah, biru, pink dan lain lain)

5. Panca Indera

  1. Alat / macam indera (misal : mata, telinga, hidung, kulit, lidah)
  2. Fungsi alat indera / gunanya panca indera
    • Mata untuk melihat.
    • Telinga untuk mendengar.
    • Hidung untuk bernafas / mencium.
    • Kulit untuk merasakan.
    • Lidah  untuk mengecap.
  1. Macam macam rasa (pahit, manis, asin, asam)
  2. Macam macam perabaan (kasar, halus, tajam, panas, dingin)
  3. Macam macam pembauan (wangi, amis, busuk)
  4. Macam macam suara (keras, lembut, nyaring, melengking)
  5. Macam  macam penglihatan (jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar).

Alokasi Waktu Tema Diriku / Diri Sendiri untuk PAUD

Contoh tema dan sub tema Diriku / Diri Sendiri untuk PAUD memakan waktu 3 minggu dengan rincian (dapat diubah sesuai dengan kondisi lembaga):

  1. Minggu 1 : dimulai dari nomor 1 sampai 4
  2. Minggu 2 : dimulai dari nomor 5a sampai 5b
  3. Minggu 3 : dimulai dari nomor 5c sampai selesai

Manfaat Menggunakan Tema Pembelajaran untuk PAUD

Dengan menggunakan tema pembelajaran, diharapkan akan bermanfaat dalam :

  1. Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak. 
  2. Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
  3. Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru  yang sudah dimiliki anak.
  4. Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.