Strategi Pembiasaan Perilaku Moral Anak Usia Dini



Strategi Pembiasaan Perilaku Moral Anak Usia Dini (PAUD) –Cara terbaik untuk anak belajar adalah melalui bermain. Dalam upaya pengembangan moral pada anak usia dini, pendidik dapat menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan dan menggunakan strategi belajar yang bervariasi.

Pengembangan moral pada anak usia dini juga dapat dilakukan dengan pemodelan (modeling) atau belajar melalui imitasi. Salah satu cara pemodelan pada anak yaitu dengan bermain peran (role playing), ketika bermain peran anak menciptakan suatu situasi dimana anak diminta untuk melakukan suatu peran tertentu (yang biasanya bukan peran dirinya ) di suatu tempat yang tidak lazim peran tersebut terjadi.

Manfaat dari role playing adalah membantu seseorang mengubah sikap atau perilakunya dari yang selama ini dilakukan dan untuk menggambarkan suatu situasi atau perilaku yang sebenarnya.

perilaku moral anak perilaku moral anak sd perilaku moral anak usia dini perilaku moral anak usia 5-6 tahun perkembangan perilaku moral anak usia dini contoh perilaku moral anak usia dini perilaku moral pada anak fase perkembangan perilaku moral anak perkembangan perilaku moral anak perkembangan perilaku moral anak sd pengaruh keluarga terhadap perilaku moral anak pembentukan perilaku moral anak



Strategi Pembiasaan Perilaku Moral Anak Usia Dini

Beberapa strategi pengembangan perilaku moral pada anak usia dini, yaitu:

  1. Memberi anak kesempatan untuk sharing tentang perasaan dalam linkungan yang nyaman dan aman
  2. Mengajarkan hal-hal yang realistic dapat dimengerti oleh anak
  3. Memberi kesempatan anak untuk berlatih belajar kooperatif dan berbagi tanggung jawab
  4. Mengundang teman yang berbeda budaya, mengembangkan rasa nasionalisme
  5. Mengembangkan aturan kelas bersama
  6. Member kesempatan pada anak untuk mengemukakan pendapat, bereksperimen dalam belajar
  7. Memberi contoh sikap/ perilaku yang baik: keingintahuan, toleransi dll.