Persiapan Membaca Anak & Memilih Buku untuk Anak



Persiapan Membaca Anak & Memilih Buku untuk Anak –Kegiatan Membaca dan Menulis untuk anak dapat dimulai sejak dini tapi pastikan materi pembelajaran membaca dan menulis untuk anak tidak berlebihan, sekedar lambang bilangan atau huruf saja guna menyiapkan pendidikan di tingkat selanjutnya yaitu sekolah dasar (SD).

A. Persiapan Membaca Anak Usia Dini

Persiapan membaca untuk anak dapat dilakukan mulai mengajari anak dengan hal-hal sebagai berikut:
  1. Bagaimana cara membalik halaman, dari kiri ke kanan, membalik ke depan kembali)
  2. Istilah-istilah buku (halaman, cover, pengarang, gambar cetakan)
  3. Persamaan dan perbedaan antara penyebutan dan bahasa dengan tulisan.
  4. Dasar elemen cerita (tempat, karakter, alur cerita)
  5. Bagaimana bertanya dan menjawab pertanyaan.

Saat mengevaluasi ilustrasi yang ada pada buku anak, lihatlah ilustrasi yang “dapat dimengerti, merangsang emosional dan respon emosional yang besar, dapat melatih imajinasi pembaca. Dalam buku bergambar, harus ada salah satu dari kelima elemen (garis, warna, tekstur, bentuk, dan penyusunan atau komposisi) untuk melengkapi cerita.

Ajari anak untuk melihat ilustrasi sebagai bagian dari pengalaman mereka dalam membaca buku cerita. Salah satu tantangan dalam menggunakan kesusastraan adalah mencocokan buku dengan anak atau kelompok anak. Dibawah ini ada tips memilih buku untuk anak yang merujuk pada perkembangan karakteristik anak.

Persiapan Membaca Anak & Memilih Buku untuk Anak Persiapan Membaca Anak Usia Dini Tips Memilih Buku Untuk Anak Usia Dini



B. Tips Memilih Buku Untuk Anak Usia Dini

Pilihlah buku yang tepat untuk anak usia dini sesuai dengan kelompok usia sang anak.

a. Memilih Buku Untuk Anak Usia 0-2 tahun

Pengembangan karakteristik: menjelajahi dunia lewat sensorik input dan aktivitas motorik (Piaget); berhubungan dengan permasalahan membangun basic trust (Erikson); mempesona dengan kebiasaan baik/buruk dan pemberian hadiah/sanksi (Kohlberg). Buku yang tepat: Buku yang mudah didapat, awet, tidak asing, berwarna-warni, interaktif.

b. Memilih Buku Untuk Anak Usia 2-4 tahun

Pengembangan karakteristik: melanjutkan untuk berinteraksi dengan lingkungan dan memperoleh konsep dasar; umur dimana garis antara fantasi dan kenyataan tidak tergambar dengan jelas (Piaget); berhubungan dengan permasalahan kemerdekaan hak dan kenyataan diri (Erikson); umumnya ingin menyenangkan orang lain (Kohlberg).

Buku yang tepat: Buku yang ringkas, dan mempunyai alur cerita yang sederhana dengan akhir yang menyenangkan; irama, persamaan bunyi, pengulangan; dan prilaku baik/buruk.

c. Memilih Buku Untuk Anak Usia 4-7 tahun

Pengembangan karakteristik: menampilkan operasi mental dasar (Piaget); berhubungan dengan masalah memperoleh kompetensi dan keahlian baru yang dapat mengarahkan penyelesaian (Erikson); melihat perilaku yang menyesuaikan dengan ekspetasi peran perempuan/laki-laki. Buku yang tepat: Buku yang mempunyai imajinasi dan fantasi dan komedi; juga buku dongeng, buku yang berisi informasi.

a. Memilih Buku Untuk Anak Usia 7-9 tahun

Pengembangan karakteristik: mulai mengerti waktu; mulai menguasai ide-ide abstrak lainnya dan membangun sosial (pendapat) (Piaget); mulai mandiri (Erikson); mulai meneliti tentang aturan, hukum, dan mulai menghormati wewenang yang yang sudah tersusun dalam masyarakat (Kohlberg).

Buku yang tepat untuk anak usia dini adalah :
Buku yang memiliki fantasi yang tinggi dan petualangan dan dapat menjelajahi waktu lampau dan masa depan. Menari dengan misteri, memecahkan masalah dan mengidentifikasi karakter. Menikmati non fiksi, biografi dan petualangan.