Karakteristik Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini



Karakteristik Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Keterampilan motorik halus yang paling utama adalah kemampuan memegang pensil dengan tepat yang diperlukan untuk menulis kelak. Perkembangan motorik halus anak taman kanak-kanak ditekankan pada koordinasi gerakan motorik halus dalam hal ini berkaitan dengan kegiatan meletakkan atau memegang suatu objek dengan menggunakan jari tangan.

Pada usia 4 tahun koordinasi gerakan motorik halus anak sangat berkembang bahkan hampir sempurna. Walaupun demikian anak usia ini masih mengalami kesulitan dalam menyusun balok-balok menjadi suatu bangunan. Hal ini disebabkan oleh keinginan anak untuk meletakkan balok secara sempurna sehingga kadang-kadang meruntuhkan bangunan itu sendiri.

Pada usia 5 atau 6 tahun koordinasi gerakan motorik halus berkembang pesat. Pada masa ini anak telah mampu mengkoordinasikan gerakan visual motorik, seperti mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan.

Pada awalnya anak memegang pensil dengan cara menggenggam seluruh pensil dan digunakan hanya untuk  mencoret-coret. Cara ini dilakukan oleh anak usia 2-3 tahun.



Setelah itu cara memegang pensil sudah berkembang lebih baik lagi, tidak menggunakan seluruh jari, melainkan hanya jempol dan telunjuk. Pada saat ini anak tidak lagi menggunakan lengan dan bahunya untuk ikut melakukan gerakan menulis atau menggambar, melainkan lebih banyak bertumpu pada gerakan jari.

pengembangan motorik halus anak pengembangan motorik halus anak usia dini pengembangan motorik halus anak tk perkembangan motorik halus anak usia 3-4 tahun perkembangan motorik halus anak prasekolah perkembangan motorik halus anak usia 2-4 tahun perkembangan motorik halus anak usia 5 tahun perkembangan motorik halus anak usia 1-3 tahun perkembangan motorik halus anak usia 1-2 tahun perkembangan motorik halus anak pdf perkembangan motorik halus anak usia sekolah perkembangan motorik halus anak usia 1 tahun perkembangan motorik halus anak usia 7-8 tahun perkembangan motorik halus anak sesuai usia perkembangan motorik halus anak usia 10 tahun perkembangan motorik halus anak usia sd prinsip pengembangan motorik halus anak usia dini strategi pengembangan motorik halus anak strategi pengembangan motorik halus anak usia dini karakteristik perkembangan motorik halus anak aspek perkembangan motorik halus anak usia dini perkembangan motorik halus anak autis perkembangan motorik halus pada anak autis perkembangan motorik halus pada masa awal anak aspek perkembangan motorik halus anak

Karakteristik Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini

Karakteristik keterampilan motorik anak dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pada saat anak berusia 3 tahun, kemampuan gerakan halus anak belum terlalu berbeda dari kemampuan gerakan halus pada masa bayi. Meskipun anak pada saat ini sudah mampu menjumput benda dengan menggunakan jempol dan jari telunjuknya, tetapi gerakan itu sendiri masih sangat kikuk.
  2. Pada usia 4 tahun, koordinasi motorik halus anak secara substansial sudah mengalami kemajuan dan gerakannya sudah lebih cepat, bahkan cenderung ingin sempurna.
  3. Pada usia 5 tahun, koordinasi motorik halus anak sudah lebih sempurna lagi. Tangan, lengan, dan tubuh bergerak di bawah koordinasi mata. Anak juga mampu membuat dan melaksanakan kegiatan yang lebih majemuk, seperti dalam kegiatan proyek.
  4. Pada akhir masa kanak-kanak (usia 6 tahun), ia telah belajar bagaimana menggunakan jari jemari dan pergelangan tangannnya untuk menggerak-kan ujung pensil.