Pengantar TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi PAUD



Pengantar TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi PAUD –TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi lebih dikenal dengan istilah ICT. ICT adalah singkatan dari Information and Communication Technologies.

Jika merujuk pada sejarah kemunculannya, istilah ICT mulai dikenal setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) dengan tekonologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.

Perpaduan kedua teknologi ini berkembang sangat pesat melampui bidang teknologi lainnya.
Dalam pengertiannya, TIK adalah perpaduan antara teknologi informasi dan teknologi komunikasi, yang akan ddiuraikan sebagai berikut :

a. Teknologi informasi

Teknologi informasi merupakan studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis an mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan dan gambar.



Lucas (dalam Munir, 2008) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirim informasi dalam bentuk elektronik, mikro komputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak memproses transaksi, perangkat lembar kerja dan peralatan komunikasi dan jaringan merupakan contoh teknologi informasi. Informasi yang disampaikan berupa pesan-pesan elektronik.

b. Teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan perangkat-perangkat teknologi yang terdiri dari hardware, software, proses dan sistem, yang digunakan untuk membantu proses komunikasi yang bertujuan agar komunikasi berhasil.

Pengantar TIK Teknologi Informasi dan Komunikasi PAUD

Keterkaitan Teknologi Informasi Dan Teknologi Komunikasi 

Teknologi informasi menekankan pada pelaksanaan dan pemprosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan data dengan menggunakan perangkat-perangkat teknologi eletronik terutama komputer.

Sedangkan teknologi komunikasi menekankan pada penggunaan perangkat teknologi elektronika dan lebih menekankan pada aspek ketercapaian tujuannya dalam proses komunikasi, sehingga data dan informasi yang diolah dengan teknologi informasi harus memenuhi kriteria komunikasi yang efektif.

Meskipun secara terpisah masing-masing kata pembentuknya memiliki makna sendiri-sendiri.
Namun secara konsep pengertian teknologi informasi dan komunikasi tidak terpisahkan, sebagaimana ditulis dalam Wikipedia : “…TIK adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.”
(id.wikipedia.org, diakses tanggal 29 Sept 2015)

Jadi, TIK mengandung pengertian segala kegiatan yang terkait dengan pemprosesan, perekayasaan, pengelolaan, dan pemindahan informasi antarmedia.