Hubungan Penelitian Tindakan Kelas dan Profesi Guru



Hubungan Penelitian Tindakan Kelas dan Profesi Guru PAUD. PTK –Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan profesi pendidik dan keilmuan. Tugas guru yang utama adalah menyelenggarakan pembelajaran yang benar dan berkualitas, untuk itu seorang guru harus memliki komitmen dalam mengupayakan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran secara terus menerus.

Hubungan Penelitian Tindakan Kelas dan Profesi Guru

Ditinjau dari segi profesionalitas secara normatif guru harus mempunyai 4 (empat) kompetensi yaitu, Paedagogik, Kepribadian, Profesional, dan Sosial, oleh karena guru profesional harus selalu meningkatkan kualitas pembelajarannya.

Terlebih secara yuridis sudah ditentukan bahwa untuk meningkatkan atau mengusulkan kenaikan pangkat seorang guru diwajibkan membuat suatu karya ilmiah khususnya dalam bentuk PTK (Penelitian Tindakan Kelas).

Karena kegiatan pengembangan profesi yang dapat dilakukan oleh guru bisa dilakukan dengan cara membuat karya tulis ilmiah maka penelitian di kelas dilakukan dapat dilaporkan sebagai karya ilmiah.



Manfaat PTK Bagi Guru

Dengan melakukan PTK banyak manfaat yang dapat diraih. Dalam inovasi pembelajaran, guru perlu selalu mencoba mengubah, mengembangkan dan meningkatkan gaya mengajarnya agar ia mampu melahirkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kelasnya.

judul dan penelitian tindakan kelas paud free download penelitian tindakan kelas paud format proposal penelitian tindakan kelas paud contoh penelitian tindakan kelas untuk paud proposal penelitian tindakan kelas di paud judul penelitian tindakan kelas di paud makalah penelitian tindakan kelas di paud skripsi penelitian tindakan kelas untuk paud artikel penelitian tindakan kelas untuk paud

Guru selalu berhadapan dengan siswa yang berbeda dari tahun ke tahun. Dan setiap tahun akan mencul permasalahan yang relatif berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada yang mempengaruhi dinamika proses pembelajaran.

Oleh sebab itu memang sudah semestinya jika guru melakukan PTK dari kelasnya sendiri dan berangkat dari persoalannya sendiri, kemudian menghasilkan solusi terhadap persoalannya tersebut, sehingga secara tidak langsung ia telah terlibat dalam proses inovasi pembelajaran yang memang menjadi tanggungjawab seorang guru.

PTK merupakan salah satu media yang dapat digunakan oleh guru untuk memahami apa yang terjadi di kelas dan kemudian meningkatkannya menuju ke arah perbaikan secara profesional.

Jika penelitian dilakukan secara sendiri oleh guru maka peran guru sebagai peneliti yang sekaligus juga sebagai praktisi pembelajaran. Hal tersebut mempunyai kelemahan dan kelbihan. Kelemahannya adalah sebagai guru pada umumnya kurang akrab dengan teknik-teknik dasar penelitian.

Disamping itu guru umumnya tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan penelitian sehubungan dengan padatnya kegiatan pengajaran yang dilakukan akibatnya hasil PTK kurang memenuhi criteria validitas metodologi ilmiah.

Sedangkan kelebihannya, pasling tidak guru lebih menguasai area penelitian dan faktor-faktor yang terlibat di dalamnya karena memang lokasinya adalah di kelasnya sendiri sehingga jika ditinjau dari segi produk pembelajaran lebih praktis, efisien dan efektif.